Operasi Jaran 2021, Jajaran Polresta Balikpapan Bekuk Pelaku Curanmor 

Pelaku ada yang beraksi di lintas daerah

Balikpapan, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mengamankan 7 pelaku pencurian kendaraan motor (Curanmor) yang beraksi di wilayah hukumnya. 

Para pelaku ini terjaring dalam pelaksanaan Operasi Jaran 2021 digelar selama 15 hari atau kurang lebih 2 pekan.

"Selama kurang lebih 15 hari, Polresta Balikpapan beserta jajaran di beberapa kawasan berhasil amankan 7 pelaku dalam Operasi Jaran ini," ujar Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi  V Thirdy Hadmiarso dalam jumpa pers pada, Senin (20/12/2021) siang.

1. 9 unit kendaraan motor ditemukan

Operasi Jaran 2021, Jajaran Polresta Balikpapan Bekuk Pelaku Curanmor (IDN Times/Riani Rahayu)

Tak main-main, selama 15 hari itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 9 unit motor curian dari ketujuh pelaku tersebut. Kasus terbanyak curanmor berada di kawasan Balikpapan Timur (Baltim) yang dipimpin oleh Kapolsek Balikpapan Timur Kompol FX Hartanta.

"Ini kita amankan di seluruh wilayah Balikpapan. Paling banyak di wilayah Balikpapan Timur sejumlah 4 unit (motor)," ungkap perwira berpangkat melati tiga tersebut.

Baca Juga: Balikpapan Meraih Kota Tes, Lacak, dan Isolasi Terbaik di Indonesia

2. Modus operandi para pelaku

Operasi Jaran 2021, Jajaran Polresta Balikpapan Bekuk Pelaku Curanmor (IDN Times/Riani Rahayu)

Diterangkan oleh Thirdy, jika para pelaku ini memanfaatkan situasi yang sepi dan motor korbannya yang terparkir secara sembarangan. Biasanya, jika motor itu dalam keadaan terkunci pelaku akan menggunakan kunci palsu.

Kemudian mendorong motor menjauh dari TKP.

"Rata-rata mereka pakai kunci palsu kemudian kendaraan itu didorong pelaku," ucapnya.

3. Peran dan aksi para pelaku dalam aksi curanmor

Operasi Jaran 2021, Jajaran Polresta Balikpapan Bekuk Pelaku Curanmor (IDN Times/Riani Rahayu)

Ia menambahkan, jika ketujuh pelaku ini ada yang beraksi sendiri dan ada yang memiliki sindikat. Untuk yang sendiri, pelaku beraksi di wilayah Kota Balikpapan saja sementara yang sindikat diketahui ada yang beraksi hingga lintas daerah.

"Terindikasi mereka masih menyebar di beberapa wilayah. Di luar Operasi Jaran kami tetap lakukan penyelidikan," tegasnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada warga Balikpapan agar tetap berhati-hati saat parkir kendaraan motornya. Meski kendaraan itu sendiri terparkir di halaman rumah dan masih dalam jangkauan pandangan.

Namun para pelaku masih tetap dengan mudahnya mendorong barang curiannya tersebut.

Baca Juga: Tim Labfor Polri Uji Sampel Arang dan Kabel di Kebakaran Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya