Comscore Tracker

Pengiriman Material Logistik IKN Nusantara Dikawal TNI AL

TNI AL pastikan pengamanan pengiriman material logistik IKN

Penajam, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ikut aktif mengamankan pengiriman material dan logistik untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pengiriman logistik itu ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Pengamanan pengiriman material dan logistik untuk pembangunan IKN Nusantara itu menjadi perhatian utama kami," kata Komandan Pos TNI Angkatan Laut Penajam Peltu Mes. Suharsono di Penajam seperti dilansir dari Antara pada Sabtu (10/9/2022).

1. Amankan aktivitas kapal pengangkut logistik

Pengiriman Material Logistik IKN Nusantara Dikawal TNI ALIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Ia mengatakan bahwa pengiriman material dan logistik untuk kebutuhan pembangunan IKN Indonesia baru itu lebih banyak melalui jalur laut. Sehingga pihaknya merasa perlu untuk memberikan pengamanan.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan telah memberikan instruksi untuk melakukan pengamanan terhadap aktivitas kapal pengangkut material dan logistik yang berlayar menuju perairan Penajam Paser Utara.

2. Pastikan tak ada kendala

Pengiriman Material Logistik IKN Nusantara Dikawal TNI ALIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Beberapa waktu terakhir aktivitas kapal yang memuat material berupa batu koral untuk pembangunan IKN Indonesia baru mulai ramai dan diperkirakan kapal tambat serta bongkar muatan di wilayah Kecamatan Sepaku.

"Pengamanan tersebut untuk memastikan tidak ada kendala terhadap pengiriman material dan logistik hingga masuk ke wilayah IKN Nusantara," ujarnya.

Baca Juga: Warga Labangka Barat Tolak Aktivitas Penambangan Batu Bara PT KJM

3. Pengangkutan dilakukan malam hari

Pengiriman Material Logistik IKN Nusantara Dikawal TNI ALIlustrasi Kapal (IDN Times/Sukma Shakti)

Pos AL Penajam diinstruksikan untuk membantu dan melancarkan aktivitas kapal pengangkut material dan logistik IKN Nusantara yang biasanya masuk wilayah setempat pada malam hari.

"Potensi kecelakaan lalu lintas transportasi umum jalur laut di perairan Teluk Balikpapan bisa diminimalisasi karena kapal pengangkut material dan logistik pembangunan IKN Indonesia baru mulai aktivitas malam hari," jelasnya

4. Harap tak ada keterlambatan pengiriman

Pengiriman Material Logistik IKN Nusantara Dikawal TNI ALIlustrasi kapal di Tanjung Perak. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Pengamanan aktivitas kapal pengangkut material dan logistik untuk mengantisipasi terjadinya kendala dan permasalahan selama pembangunan IKN Nusantara.

Selain itu juga kata Suharsono, agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman material dan logistik yang dapat menghambat proses pengerjaan pembangunan ibu kota negara Indonesia baru.

5. Membangun tempat yang liveable

Pengiriman Material Logistik IKN Nusantara Dikawal TNI ALSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan bahwa membangun kota tidak hanya membangun fisiknya, tapi terutama adalah bagaimana kerekatan sosialnya, interaksi antar warganya, bagaimana kota tersebut menjadi kota yang layak huni, humanis, dan liveable.

"Kami memohon dukungan dari semua lapisan masyarakat sehingga Ibu Kota Nusantara menjadi kota yang inklusif, hijau, dan berkelanjutan, dibangun untuk semua kalangan, a city for all,” ujarnya seperti dikutip dari laman IKN Nusanrara.

Baca Juga: Dishub Paser Harap Pembangunan Bandara Segera Terealisasi

Yerin Sin Photo Community Writer Yerin Sin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya