Foto Paha Korban yang Ditukar dengan Paket Internet 90 GB

Modus penipuan di era modern

Balikpapan, IDN Times - Ada-ada saja modus penipuan di zaman sekarang ini. Seperti dialami seorang perempuan muda Balikpapan bernama Dipa yang memperoleh permintaan tidak senonoh lewat pesan WhatsApp, Senin (28/2/2022).

Seseorang tidak dikenal ini mendadak menghubungi gadis itu serta memintanya mengirimkan foto kedua pahanya. Sebagai gantinya, ia berjanji akan memberikan voucher internet dengan kuota sebesar 90 Gigabyte (GB). 

"Tiba-tiba ada chat WA dari nomor nggak dikenal. Terus dia nawarin kuota 90 GB secara gratis tapi dengan satu syarat. Awalnya dia malu-malu untuk ngasih tahu syaratnya," ujar Dipa saat dikonfirmasi, Selasa (1/3/2022) siang.

1. Meminta foto paha korban

Foto Paha Korban yang Ditukar dengan Paket Internet 90 GBkisspng.com

Dipa mengatakan, malam itu menerima pesan chat dari orang tidak dikenal. Pemilik nomor 088221106988 ini langsung melakukan percakapan dengan Dipa dan mengajaknya untuk mendapatkan voucher kuota sebesar 90 GB.

Dipa sempat kaget saat pelaku meminta mengirimkan foto kedua pahanya sebagai syaratnya. Setelah mengirimkan foto tersebut pelaku berjanji akan mengirimkan kode voucher kuota 90 GB kepada Dipa.

Baca Juga: Permasalahan Perkawinan Anak yang Masih Fluktuatif di Kaltim

2. Pelaku lihai merayu korban

Agar memperlancar tujuannya, pelaku terus berusaha meyakinkan korban. Ia pun menampilkan tangkapan layar testimoni dari sejumlah wanita yang telah bekerja sama dengan pelaku. 

"Jujur aku sering ngasih voucher ke siapa pun yang mau turutin permintaanku. Banyak kok yang mau, kalau nggak percaya aku bisa screenshootin yang pernah aku kasih," tulis pelaku dalam pesan WhatsApp. 

Terbujuk dengan rayuan pelaku, Dipa pun mengirimkan satu foto yang menunjukkan paha mulusnya sampai ke ujung kaki. Foto yang dikirimkan Dipa saat itu hanya mengenakan celana pendek dan langsung dikirim ke nomor pelaku.

3. Pelaku langsung menghilang

Namun bukannya kuota yang di dapat, pelaku justru tak kunjung mengirimkan kode voucher yang dijanjikan.

"Penipu, hati-hati dengan modus ini pokoknya. Dijanjikan voucher 90 GB kirim foto paha. Buat yang lain hati-hati," tulis Dipa di akun media sosialnya.

Dipa sekarang ini bisa menyesali nasibnya jadi korban penipuan perilaku mesum seseorang. Meskipun modusnya sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi. 

Dipa hanya bisa berharap pelaku segera tertangkap dan mengimbau kepada wanita lain agar tidak menjadi korban berikutnya. Belum diketahui pasti apa sebenarnya maksud dan tujuan pelaku. 

Baca Juga: Instansi di Kaltim Wajib Mendukung Percepatan Pembangunan IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya