Comscore Tracker

Hujan Semalaman, Tanah Longsor Menerjang Rumah Warga di Balikpapan

Tidak ada korban jiwa kejadian ini

Balikpapan, IDN Times  - Tanah longsor menerjang rumah di kawasan RT 02 Kelurahan Sepinggan Raya Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (19/8/2021). Longsoran tanah disebabkan hujan semalaman yang mengguyur Balikpapan.

Rumah warga bernama Sabariah (37) mengalami kerusakan parah diterjang longsoran tanah yang labil tergerus air hujan.  Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. 

Meskipun begitu, dinding rumah langsung jebol hingga longsoran tanah masuk dalam ruang tamu. 

"Dinding jebol tanah udah masuk dalam rumah. Orangnya sudah mengungsi,” ucap warga sekitar.

1. Penghuni rumah sempat menyelamatkan diri

Hujan Semalaman, Tanah Longsor Menerjang Rumah Warga di BalikpapanRumah warga di Sepinggan Raya Balikpapan Kaltim terkena longsoran tanah. Foto istimewa

Salah satu penghuni rumah, Bizalmin (30) mengatakan, keluarganya sedang bersantai di dalam rumah saat hujan deras mengguyur Kota Balikpapan. Namun di pagi itu, Ia mendadak mendengar suara gemuruh di pekarangan rumahnya. 

Suaranya disusul dengan retakan dinding rumah yang dibangun semi permanen. Bizalmin pun memerintahkan seluruhnya keluarganya keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

"Itu sekitar jam 9 (pagi), ya sudah saya suruh anak dan istri untuk keluar," ucapnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Tindakan dilakukan pria ini ternyata tepat. Tidak berselang lama, rumah mereka ambruk diterjang tanah longsor. 

2. Warga sekitar diminta membantu tetangganya tertimpa kemalangan

Hujan Semalaman, Tanah Longsor Menerjang Rumah Warga di BalikpapanRumah warga di Sepingga Raya Balikpapan Kaltim terkena longsoran tanah. Foto istimewa

Sementara itu, Camat Balikpapan Selatan Heru Ressandy bersama Kapolsek Balikpapan Selatan AKP Agung Nursapto langsung meninjau lokasi kejadian. Mereka juga memberikan bantuan paket kebutuhan bahan pokok.

Dikatakan Heru bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Lurah Sepinggan Raya untuk melakukan pendataan dan mengusulkan bantuan.

"Penanganan sementara diupayakan dari kelurahan untuk bisa mengusulkan tempat penampungan sementara walaupun ada keluarganya kami upayakan untuk memberikan bantuan tempat tinggal,” ungkap Heru.

3. Warga hati-hati membangun rumah di area rawan longsor

Hujan Semalaman, Tanah Longsor Menerjang Rumah Warga di BalikpapanBanjir di Balikpapan Kalimantan Timur, Kamis (19/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Heru meminta masyarakat di lokasi tempat tinggal korban agar turut peduli dengan kemalangan menimpa Bizalmin. Setidaknya, mereka bisa bersama-sama bergotong royong membantu perbaikan rumahnya. 

Donasi bantuan pun bisa dilakukan untuk meringankan keluarga ini. 

Di sisi lain, Heru juga menyarankan warga agar berhati-hati dalam membangun rumah di kawasan yang mengalami tanah longsor. Terutama untuk lokasi yang berdekatan dengan tebing tanah yang rawan longsor di saat musim hujan. 

"Agar diperhatikan letaknya, dan saluran air untuk mencegah terjadinya longsor tanah," paparnya. 

Baca Juga: Hujan Semalaman, Kota Balikpapan Dikepung Genangan Banjir 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya