Comscore Tracker

Hutan Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat di Paser 

Gubernur Kaltim serahkan SK hutan desa

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor merasa senang dan bersyukur bisa menyerahkan SK Hutan Desa yang diperuntukkan bagi Desa Samuntai Kabupaten Paser seluas 939 ha dan SK Hutan Desa Modang seluas 611ha.

Penyerahan diserahkan kepada pengelola hutan di masing-masing desa di Kabupaten Paser.

"Sertifikat SK ini, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan rakyat," ucap Isran Noor di Balai Desa Semuntai Kecamatan Long Ikis dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis 14 Oktober 2021.

1. Hutan menjadi aset bisa menghasilkan pendapatan

Menurut Isran, apabila rakyat atau daerah memiliki status yang jelas terhadap hutan. Maka, tidak ada lagi masyarakat yang miskin. Karena itu aset yang bisa menghasilkan uang atau pendapatan.

"Jadi, upaya pemerintah mengurangi kemiskinan itu adalah, bagaimana memberikan akses dan kemudahan bagi masyarakat yang berada di sekitar hutan," jelasnya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 di Balikpapan Melandai, Traffic Angkutan DLU Naik 

2. Jangan dijual ke perusahaan tambang

Hutan Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat di Paser Ilustrasi hutan (IDN Times/Sunariyah)

Isran mengingatkan aset yang dipercayakan pemerintah agar dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, jangan diperjual belikan.

"Jangan ketika mendapat sertifikat, malah dijual kepada pengusaha tambang. Karena, batu bara lagi naik harganya," pesan Isran Noor.

3. Penyerahan sertifikat dihadiri pejabat Kabupaten Paser

Hutan Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat di Paser monomousumi.com

Penyerahan sertifikat dihadiri Bupati Paser dr H Fahmi Fadli dan Wabup Paser Hj Syarifah Mashitah Assegaf, sekaligus mendampingi Gubernur Isran Noor mengunjungi stand UMKM Desa Semuntai.

Kunjungan ke Desa Semuntai ini menjadi penutup rangkaian kegiatan Gubernur Isran Noor bersama rombongan Pemprov Kaltim di hari pertama ke wilayah Selatan per 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Pesawat Batik Air Gagal Terbang dari Bandara APT Pranoto Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya