Jokowi Temui Langsung para Pedagang di Pasar Klandasan Balikpapan

Rangkaian kunjungan ke Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri pengukuhan Pengurus Besar Nahtladul Ulama (PBNU) di Gedung DOME Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (31/1/2022). Dalam kesempatan itu, presiden pun menemui langsung para pedagang di Pasar Klandasan Balikpapan. 

Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugiarto, dan Wali Kota Balikpapan Rachmad Mas’ud.

“Selamat siang, semangat ya bu berjualannya. Semoga bantuan langsung tunai ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Jokowi kepada pedagang di Pasar Sepinggan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Menyerahkan BLT dan sembako

Jokowi untuk mengunjungi dan menyapa sekaligus menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada pedagang dan masyarakat.

Dalam kunjungan yang berdurasi sekitar 20 menit tersebut, Presiden Jokowi berinteraksi dan berdialog dengan sejumlah pedagang di lapak jualan hingga masyarakat sekitar yang antusias menunggu kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini.

Baca Juga: Jokowi Meminta NU Bertranformasi dalam Era Teknologi Digital 

2. Presiden menyapa langsung pedagang

Jokowi Temui Langsung para Pedagang di Pasar Klandasan BalikpapanPresiden Joko Widodo dalam pengukuhan Pengurus Besar NU di Balikpapan Kalimantan Timur, Senin (31/1/2022). Foto istimewa

Tidak hanya itu, seusai memutari lapak jualan, Presiden Jokowi juga menyapa masyarakat yang ramai menunggu sejak beberapa jam sebelum kedatangan Presiden. Masyarakat juga kebagian baju kaos yang langsung diberikan Presiden Jokowi kepada beberapa orang.

Setelah itu, rombongan Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju VIP Room Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, untuk kemudian bertolak kembali ke Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan RI 1.

3. Pengukuhan PBNU di Balikpapan

Jokowi Temui Langsung para Pedagang di Pasar Klandasan BalikpapanPengukuhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Balikpapan Kalimantan Timur, Senin (31/1/2022). Foto istimewa

Jokowi menghadiri prosesi pengukuhan PBNU di Balikpapan mengenakan setelan jas dikombinasikan dengan kain sarung khas warga Nahdliyin. Dalam sambutannya, ia sengaja mengenakan sarung setelah sempat berkonsultasi dengan Menteri Sekretaris Negara tentang outfitnya menghadiri agenda PBNU ini. 

Menurut Jokowi, Menteri Sekretaris Negara menyampaikan kebiasaan warga warga Nahdliyin dalam menghadiri acara-acara resmi PBNU. Terdapat dua kebiasaan, yakni kelompok Syuriyah mengenakan setelan sarung sedangkan Tanfidziyah mengenakan celana panjang. 

"Saya sempat bingung, tanya Menteri Sekretaris Negara. Akhirnya saya pilih Syuriyah aja, pakai sarung," ungkapnya. 

Sementara itu, pengukuhan PBNU di Balikpapan dihadiri pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, belasan menteri negara, dan Gubernur Kaltim Isran Noor. 

Baca Juga: PBNU pun Ingin Mendirikan Kantor Pusat di Kota Nusantara 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya