Kabupaten Paser Meraih Penghargaan Piala Adipura untuk Pertama Kalinya

Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan

Paser, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Paser mendapat Piala Adipura untuk pertama kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas keberhasilan dalam pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan.

"Piala Adipura ini merupakan penghargaan pertama kalinya diraih, sebelumnya Kabupaten Paser  hanya mendapatkan piagam penghargaan Adipura berupa sertifikat pada tahun 2019," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Achmad Safari diberitakan Antara di Kantor KLHK di Jakarta,  Selasa (28/2/2023). 

Penghargaan Piala Adipura diterima langsung  Bupati Paser Fahmi Fadli di Jakarta.

1. Penilaian Adipura dilakukan KLHK pada 2022

Kabupaten Paser Meraih Penghargaan Piala Adipura untuk Pertama KalinyaMenteri LHK, Siti Nurbaya, pada Rapat Kerja Rencana Kegiatan Indonesia's FOLU Net Sink 2030 Tahun Anggaran 2023 yang mengundang semua kepala UPT KLHK di seluruh Indonesia, Jakarta, Selasa (13/12/2022). (Dok. KLHK)

Safari mengatakan, penilaian Adipura dilakukan KLHK pada 2022. Adapun obyek yang dinilai antara lain kebersihan pasar, jalan perkotaan, tempat pengolahan akhir (TPA), sekolah-sekolah, ruang terbuka hijau (RTH) hingga keberadaan tanaman peneduh kota.

Ia menyebutkan, keberhasilan meraih penghargaan Adipura merupakan kerja sama seluruh stakeholder atau lintas sektor, bukan hanya kinerja DLH saja, tetapi juga kerja sama lintas sektor yang memiliki komitmen bersama mengelola lingkungan perkotaan.

"Piala Adipura ini merupakan penghargaan pertama kalinya diraih, sebelumnya Kabupaten Paser  hanya mendapatkan piagam penghargaan Adipura berupa sertifikat pada tahun 2019," katanya.

Baca Juga: Jembatan Desa Petangis di Paser Putus karena Diterjang Banjir

2. Bobot penilaian lingkungan di Paser

Kabupaten Paser Meraih Penghargaan Piala Adipura untuk Pertama KalinyaInstagram/Infokeresidenanpati

Dikemukakan, Safari bahwa perbedaan  kategori piala dan piagam terletak pada bobot penilaian.  Untuk menerima Piala Adipura, Kabupaten Paser  harus ada peningkatan nilai yang signifikan dalam pengelolaan kebersihan kota.

Lanjutnya, sebagai kota kecil yang sedang berkembang, pengelolaan kebersihan kota harus dilakukan sejak dini.

3. Kebijakan pengelolaan lingkungan di Paser

Kabupaten Paser Meraih Penghargaan Piala Adipura untuk Pertama Kalinyailustrasi hutan Borneo (Unsplash.com/ Jeremy Bezanger)

Karena jika dikelola saat sudah jadi kota besar akan menjadi sulit dan kompleks permasalahannya. 

Safari menambahkan, tahun ini  DLH Paser  menerapkan kebijakan pengelolaan kebersihan kota dengan penghapusan tempat pembuangan sampah (TPS) di beberapa ruas jalan, untuk menghilangkan kesan kumuh dan menjaga estetika kota.

Baca Juga: Komnas: Perempuan di Video Ketua DPRD Penajam Paser Utara Korban TPPO

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya