Kerja Sama Paser dan Balangan dalam Efisiensi dan Pelayanan Publik

Mou penandatanganan kerja sama antar daerah

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor sangat mendukung dan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Paser dan Kabupaten Balangan yang telah melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antar daerah.

Menurut dia, kerja sama antara Kabupaten Paser dengan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan hal yang sangat positif bagi daerah dan masyarakatnya.

"Saya terima kasih Pak Bupati (Bupati Paser dr Fahmi Fadli) juga Bupati Balangan (Bupati Abdul Hadi) sudah kerja sama, insya Allah pasti bermanfaat," kata Isran Noor usai menyaksikan penandatanganan MoU di Gedung Pertemuan Awa Mangkuruku Tanah Grogot, Kabupaten Paser dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Keterbatasan sumber daya yang dimiliki daerah

Orang nomor satu Benua Etam ini mengakui keterbatasan sumber daya yang dimiliki setiap daerah tidak menutup kemungkinan dapat menghambat penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Karena itu ujarnya, setiap kepala daerah dituntut lebih proaktif dan inovatif untuk mengatasi keterbatasannya dalam mengembangkan serta mengoptimalkan potensi daerahnya.

Apalagi lanjutnya, undang-undang juga mengamanatkan pemerintah daerah dapat melakukan kerja sama berdasarkan pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

Baca Juga: Jembatan Mahakam Samarinda Kembali Ditabrak Kapal Tongkang Batu Bara

2. Kerja sama antar daerah untuk pembangunan infrastruktur dan mitigasi bencana

Kerja Sama Paser dan Balangan dalam Efisiensi dan Pelayanan PublikIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Berbagai hal menurut dia dapat kerja sama antar daerah, mulai dari peningkatan dan pembangunan infrastruktur serta peningkatan mitigasi bencana.

"Intinya, kerja sama antar daerah ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Juga pengembangan promosi perdagangan dan UMKM, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, ketahanan pangan, pertanian dan perikanan.

"Paser dengan Balangan ni pas bujur besebelahan. Bagus ada kerja sama, saling mendukung," ucapnya.

3. Kerja sama antar daerah harus bisa dilakukan

Kerja Sama Paser dan Balangan dalam Efisiensi dan Pelayanan PublikIlustrasi pelayanan publik. ANTARA FOTO/Feny Selly

Kerja sama antar daerah baginya harus dilakukan, sehingga apa yang tidak dimiliki Paser bisa didatangkan dari Balangan, begitu pula sebaliknya.

"Apa-apa saja yang dimiliki Paser bisa dikirimkan ke Balangan. Artinya, saling membutuhkan dan saling mencukupi," harapnya.

Selain itu, kerja sama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia seperti pengembangan pendidikan, kesehatan, penguatan komunikasi dan informasi, termasuk lingkungan hidup dan kehutanan.

"Semoga kerja sama ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah masing-masing," ungkap Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ini.

Baca Juga: Mobil dan Sopir Terjun Bebas ke Perairan Laut Ruko Bandar Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya