Komitmen Kaltim dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif

Penyusunan roadmap pengembangan ekraf

Samarinda, IDN Times - Selain mengembangkan desa wisata, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim) juga berkomitmen mendorong pengembangan ekonomi kreatif. Bersama Dinas Pariwisata kabupaten dan kota dimulai menyusun peta jalan (roadmap) pengembangan ekonomi kreatif (ekraf).

“Peta jalan berfungsi untuk mengenalkan sub sektor unggulan di masing-masing daerah khususnya ekonomi kreatif menjadi panduan yang efektif dan tepat sasaran bagi para pengunjung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni dalam akun Instagram Pemprov Kaltim di Rakornis Pariwisata dan Ekenomi Kreatif se Kaltim Tahun 2022 di Poolbar Hotel Harris Samarinda, Senin (14/3/2022).

1. Pembentukan ekonomi kreatif di kota/kabupaten

Selain menyusun roadmap ekraf, lanjut Sri, juga merancang dan merintis pembentukan Komite Ekonomi Kreatif di masing-masing daerah.

“Roadmap yang telah disusun nanti menjadi panduan bagi pelaku industri kreatif untuk menjalankan usahanya dengan lebih baik, sehingga mampu mencapai tujuan,” ujarnya.

Baca Juga: Gerebek Indekos di Samarinda, Polisi Amankan Ganja dari Aceh 

2. Peningkatan SDM pariwisata masyarakat

Komitmen Kaltim dalam Pengembangan Ekonomi KreatifIlustrasi Destinasi Wisata

Di bidang sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekraf, Sri juga berkomitmen bahwa standardisasi sertifikasi kompetensi menjadi kebutuhan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepariwisataan di Kaltim, terlebih dalam menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kaltim.

3. Ekonomi kreatif penting bagi masyarakat

Komitmen Kaltim dalam Pengembangan Ekonomi KreatifANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Tahun ini, diakuinya, ekonomi kreatif menjadi penting dalam upaya Kalimantan Timur bersiap diri menyambut ibu kota negara sebagai mitra akan banyak peluang-peluang pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sektor ini menuntut kesiapan SDM, juga kematangan organisasi perangkat daerah yang membidangi ekonomi kreatif untuk mengambil peluang,” ungkap Sri.

Baca Juga: Siswi SMK di Samarinda Seberang Terjun dari Jembatan Mahakam

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya