KPU dan Polresta Samarinda Kerja Sama Penyelenggaraan Pemilu Damai

Keamanan pelaksanaan pesta demokrasi 

Samarinda, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) menandatangani kerja sama dengan Polresta Samarinda terkait keamanan pelaksanaan pesta demokrasi guna mewujudkan Pemilu 2024 yang tertib dan damai.
 
"Hari ini kami dari KPU Kota Samarinda melakukan pendatangan kerja sama dengan pihak kepolisian berkaitan dengan keamanan pelaksanaan Pemilu tahun 2024," kata Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat di Samarinda, Rabu (7/6/2023).

1. Tahapan pemilu yang penting

KPU dan Polresta Samarinda Kerja Sama Penyelenggaraan Pemilu DamaiIlustrasi kampanye (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ia menyebutkan, kegiatan penandatanganan kerja sama  tersebut menjadi bagian dari tahapan penting bagi KPU karena pihaknya sangat memerlukan pengawalan kepolisian.
 
Lanjutnya, KPU Samarinda tidak hanya berkoordinasi dengan pihak-pihak kepolisian tapi juga TNI dan seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
"Hal ini untuk mendukung dan menjamin bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung aman jujur dan adil. Dari kerja sama ini juga sebagai pertanda kami sebagai penyelenggara terus berkomitmen menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini," kata Firman.

Baca Juga: Buronan 2 Tahun, Terpidana Kasus Pemalsuan Samarinda Dieksekusi

2. KPU Samarinda menjalankan tahapan sesuai aturan undang-undang

KPU dan Polresta Samarinda Kerja Sama Penyelenggaraan Pemilu DamaiSimulasi pencoblosan untuk Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Rencananya, surat suara untuk Pemilu 2024 hanya berjumlah dua surat suara. (IDN Times/Melani)

Ia menjelaskan, KPU Samarinda dalam menjalankan tahapan sesuai dengan apa yang sudah diamanahkan dalam peraturan perundang-undangan, khususnya PKPU terkait tahapan kepemiluan, bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 harus berjalan kondusif.

Firman mengemukakan, total Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Kota Samarinda sebanyak 2.565, 15 TPS  merupakan TPS lokasi khusus yang menjadi pantauan bersama dan sisanya TPS reguler.

3. Persiapan Polresta Samarinda

KPU dan Polresta Samarinda Kerja Sama Penyelenggaraan Pemilu DamaiKapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadil (Tengah) sampaikan hasil rilis Penipuan Pembelian Emas di Samarinda, Jum'at (13/5/2022) (IDN Times/Nina)

Sementara itu, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli menambahkan, dari 2.565 TPS itu akan diklasifikasikan dalam kategori lokasi rawan mau pun kurang rawan, sehingga ada pembagian pengelompokan yang disusun atau diintegrasikan dengan pola pengamanan yang sudah disiapkan.
 
"Polresta Samarinda telah menyiapkan personel yang akan diturunkan, guna memantau situasi dan kondisi, dari hasil klasifikasi daerah rawan untuk dijadikan fokus pengamanan," kata Ary.
 
Terkait dengan jumlah TPS dan tingkat kerawanan, nantinya berpengaruh kepada personil yang akan diturunkan sebagai petugas pengamanan Pemilu.
 
"Kami berupaya untuk menjaga independensi para anggota Polri yang aktif sesuai UU nomor 2 tahun 2002. Kepolisian Negara Republik Indonesia itu netral tidak memiliki hak  suara untuk memilih," ujar Ary.

Baca Juga: Penerima Kalpataru dari Samarinda Gagal Hadiri Prosesi Penghargaan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya