Comscore Tracker

Pemkot Samarinda Membahas Mekanisme Pembayaran Insentif untuk Guru

Keseriusan terhadap kesejahteraan guru

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) sedang membahas draf Peraturan Wali Kota dan mekanisme pembayaran insentif guru setempat.  Ini merupakan bentuk keseriusan terhadap kesejahteraan guru-guru di Samarinda. 

“Tidak ada niatan Pemkot Samarinda untuk tidak membayarkan apa yang memang menjadi hak para guru,” kata Wali Kota Samarinda Andi Harun diberitakan Antara, Kamis (1/12/2022). 

Andi Harun menerima audensi pengurus Ikatan Guru Samarinda Bersatu (IGSB) di Kantor Balai Kota Samarinda. 

1. Andi Harun meminta para guru bersabar

Pemkot Samarinda Membahas Mekanisme Pembayaran Insentif untuk GuruAndi Harun, Wali Kota Samarinda (Dok.IDN Times/Istimewa)

Andi Harun meminta kepada para guru untuk  bersabar,  karena draf  Perwali  masih dalam pembahasan agar tidak menyalahi aturan, sebab anggarannya  masih tersedia.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat setidaknya satu atau dua hari ini sudah ada keputusan terkait insentif dan yang jelas insentif akan berubah menjadi tambahan penghasilan pegawai (TPP) dengan melihat beban kerja melalui absensi.

“Plafonnya juga akan naik tetapi tetap sesuai jenjangnya, terpenting kita menyalurkan dana  TPP ini sesuai  aturan,” jelasnya.

Baca Juga: PUPR Samarinda akan Melakukan Normalisasi Sungai Mati

2. Andi Harun menemui audensi para guru

Pemkot Samarinda Membahas Mekanisme Pembayaran Insentif untuk GuruAndi Harun, Wali Kota Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Wali Kota  Andi  saat menerima audensi IGSB  didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda Asli Nuryadin  dan menceritakan pengalamannya bahwa dirinya pernah menjadi guru di MTS Sulaiman Yasin, Jalan Lambung Mangkurat, di tahun 1990 an.

Lanjutnya, sebagai guru  ia mendapat tugas untuk mengajar empat mata pelajaran, yakni matematika, fisika, biologi dan Bahasa Inggris dengan honor  Rp2.500 per jam.

“Kalau ditotal sebulan saya cuma terima gaji sebesar Rp125.000,“ ungkapnya.

3. Perwali Kota Samarinda segera disahkan

Pemkot Samarinda Membahas Mekanisme Pembayaran Insentif untuk GuruIlustrasi guru honorer (Dok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri)

Andi Harun  kembali menegaskan untuk saat ini para guru dimohon bersabar karena draf Perwali masih dalam pembahasan. Sementara ini, Pemkot Samarinda sudah menunjukkan komitmen dalam memberikan kesejahteraan kepada para guru-guru di lingkungannya. 

Aturan Perwali Kota Samarinda nantinya segera disahkan secepatnya. 

Baca Juga: Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin Mudah

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya