Politisi Gerindra Ucapkan Selamat Hari Pers kepada Insan Media

Menjadi pilar demokrasi di Indonesia

Balikpapan, IDN Times - Politisi Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono mengucapkan selama hari pers nasional jatuh pada 9 Februari 2022 ini. Hari pers menjadi momentum bagi seluruh insan pers untuk terus menyajikan berita terbaik dalam membangun optimisme publik. 

"Sebagai anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra dan Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, saya mengucapkan selamat hari pers nasional yang diperingati tiap tanggal 9 Februari," katanya dalam pers rilis kepada IDN Times, Kamis (10/2/2022). 

1. Peran strategis pers

Politisi Gerindra Ucapkan Selamat Hari Pers kepada Insan MediaIlustrasi Pers (IDN Times/Mardya Shakti)

Bambang mengatakan, pers memiliki peran yang sangat sentral dan strategis, menjadi jembatan komunikasi antara rakyat dengan aparatur negara. Pers juga harus lebih jujur, tetap kokoh menegakkan independensi.

Sebab Pers memiliki misi untuk turut serta mencerdaskan bangsa.

"Wartawan sangat dibutuhkan publik dalam memberikan informasi yang kredibel dan tepercaya. Karena itu, diharapkan tidak ada wartawan yang membuat berita misinformasi dan disinformasi atau bahkan menyebar hoaks," ujarnya. 

Baca Juga: Anggota DPRD Kaltim Tidak Ambil Pusing ketika Dilaporkan KPK

2. Kompetensi para jurnalis yang terus meningkat

Politisi Gerindra Ucapkan Selamat Hari Pers kepada Insan MediaIlustrasi Pers (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebagai pilar demokrasi, Bambang menilai, insan pers di Indonesia sekarang terlihat lebih maju.  Para wartawan saat ini lebih banyak yang memiliki kompetensi dan profesionalisme. 

Menurutnya, ini adalah suatu pencapaian yang luar biasa di kalangan pers Indonesia. Meskipun demikian, ia pun meminta para jurnalis agar tidak cepat berpuas diri dengan terus berbenah yang menjadi kebutuhan dari masyarakat serta aparatur negara.

"Kedekatannya saya dengan pers sudah terjadi sejak saya memimpin perusahaan dan juga saat menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 serta saya juga mendapatkan banyak manfaat dengan pers saat mencalonkan diri sebagai Bupati Sidoarjo 2020 hingga saat ini," ujarnya.

3. Peran dan fungsi pers

Politisi Gerindra Ucapkan Selamat Hari Pers kepada Insan MediaIlustrasi Keterbatasan Berpendapat/Orasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Bambang mengaku sangat terbantu dengan peran pers dalam menjalankan tugasnya semasa masih menjabat anggota DPR RI. Meskipun saat bersamaan sedang menjalankan tugas perjalanan dinas ke luar negeri. 

"Saat saya menjadi anggota DPR-RI dan sedang tugas ke luar negeri ada laporan dari wartawan bahwa terjadi angin puting beliung di desa Tambakrejo, Kecamatan Waru Sidoarjo. Saya melihat, bahwa ini konstituen saya Dapil Surabaya-Sidoarjo yang perlu saya bela. Saya langsung balik menuju Sidoarjo untuk menyelesaikan persoalan angin puting beliung, alhamdulillah dengan mengontak beberapa perusahaan dan BUMN, masalah pun selesai," paparnya.

Momen hari pers tahun ini, Bambang mengaku akan terus bersinergi dengan pers untuk berbagai kepentingan politik dan maksimal untuk kemaslahatan rakyat. Ia juga mendoakan kemajuan insan pers Indonesia menjadi penyambung suara rakyat.

"Jayalah selalu pers Indonesia," ujarnya. 

Baca Juga: Ancaman Omicron, Warga Kaltim Diminta untuk Patuhi Protokol Kesehatan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya