Remaja ODGJ di Kapuas Tega Dipasung Ayah Kandungnya

Korban diduga sering jadi korban kekerasan orangtua

Kuala Kapuas, IDN Times - Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama
instansi terkait melakukan evakuasi terhadap seorang anak remaja berusia 15 tahun yang dipasung ayah kandungnya.

"Kami menerima laporan ada seorang anak usia 15 tahun yang dipasung oleh bapaknya. Dia dipasung selama kurang lebih lima hari, dikarenakan bisa mengamuk," kata Kepala Dinas DP3APPKB Kapuas Tri Setyautami melalui Kepala UPT PPA Meryanti diberitakan Antara di Kuala Kapuas, Jumat (9/6/2023).

1. Korban diduga sering jadi korban kekerasan orangtua

Remaja ODGJ di Kapuas Tega Dipasung Ayah Kandungnyailustrasi kekerasan (IDN Times/Nathan Manaloe)

Berdasarkan laporan tersebut, pihaknya bersama dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Satpol PP setempat dan pihak kelurahan serta Babinsa langsung bergerak mendatangi ke lokasi anak tersebut.

Saat pihaknya datang ke rumah, diketahui salah satu kakinya dirantai di tiang dinding bangunan rumah. Pemasungan ini dilakukan diduga mengalami gangguan jiwa.

"Saat kami datang, satu kaki anak itu dirantai di salah satu tiang dinding bangunan rumah. Diduga anak ini terganggu kejiwaannya, karena sering mendapatkan perlakukan kasar dari orangtua," katanya.

Baca Juga: BKPSDM Seruyan Kalteng Sebut Tidak Ada Rekrutmen CPNS 2023

2. UPT PPA Kapuas akan melakukan pendampingan

Remaja ODGJ di Kapuas Tega Dipasung Ayah KandungnyaIlustrasi ODGJ/ Kemensos Bebaskan ODGJ Kakak Adik yang Dipasung 24 Tahun di Banten. (dok. Kemensos)

Melihat hal demikian, pihaknya langsung mengevakuasi anak tersebut, dan UPT PPA akan melakukan pendampingan terhadap keluarga tersebut terutama bagaimana pola asuh yang baik.

"Terlebih di keluarga tersebut juga ada anak-anak yang masih kecil. Jadi kami dari UPT PPA akan memberikan pendampingan psikologis terhadap anak-anak tersebut," katanya.

3. Masyarakat diminta melaporkan saat mengetahui kekerasan pada anak

Remaja ODGJ di Kapuas Tega Dipasung Ayah KandungnyaKemensos Bebaskan ODGJ Kakak Adik yang Dipasung 24 Tahun di Banten. (dok. Kemensos)

Sedangkan untuk pengobatan dan perawatan anak yang dipasung tersebut, tambahnya, akan ditangani oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Kapuas. Dengan adanya kejadian ini, diharapkan dapat membuka mata semua pihak supaya dapat memberikan pola asuh yang baik untuk keluarga.

"Kepada masyarakat agar jangan segan untuk melapor jika melihat kekerasan terhadap anak, sehingga tidak ada lagi anak-anak yang mengalami depresi atau sampai orang dengan gangguan jiwa (OGDJ)," demikian Meryanti.

Baca Juga: Kalsel Termasuk dalam Daerah Tertinggi Penyalahgunaan Narkoba 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya