Rumah Kosong Dibobol Maling, Batu Akik dan Elektronik pun Raib

Korban meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong

Balikpapan, IDN Times - Pencurian rumah kosong terjadi di Jalan RE Martadinata Kelurahan Mekar Sari Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis 6 Januari 2022. Pelaku diduga mengincar rumah-rumah warga yang kebetulan kosong ditinggalkan penghuninya untuk suatu urusan. 

Hingga pelaku bisa dengan bebas mengacak-acak rumah korban tanpa halangan. 

“Saya habis isi bensin sekira pukul 18.45 Wita kembali dari isi bensin lampu depan sudah mati lampu dalam nyala saya pikir maling ini, saya cepat masuk langsung saya ke belakang tanya tetangga," kata pemilik rumah Suhartono, Minggu (9/1/2022). 

1. Kronologis kejadian

Rumah Kosong Dibobol Maling, Batu Akik dan Elektronik pun RaibIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Suhartono bersama istrinya meninggalkan rumah dalam keadaan kosong pada malam hari itu. Mereka dengan mengendarai kendaraan mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke stasiun pengisian BBM umum (SPBU) terdekat. 

Setibanya pulang ke rumah, ia kaget mendapati pintu rumah sudah dalam kondisi terbuka lebar dan lampu pekarangan juga mati. 

Dalam melakukan aksinya diduga pelaku merusak pintu utama dan pintu kamar kemudian masuk ke kamar utama dan mengacak-acak isi kamar. Terlihat dari bekas congkelan di bagian pintu rumah tersebut. 

Baca Juga: Ganti Rugi Lahan Pembangunan Rumah Sakit di Balikpapan Jadi Polemik

2. Barang-barang dibawa lari pencuri

Rumah Kosong Dibobol Maling, Batu Akik dan Elektronik pun RaibIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejumlah barang elektronik milik korban pun dilaporkan raib digondol maling. Korban pun mengalami kerugian lebih Rp10 juta.

Sejumlah barang elektronik seperti TV 42 inci, laptop dan cincin akik perak raib digasak maling tersebut. Usai mendapatkan barang berharga yang diincar pelaku langsung kabur.

“Hilang TV 42 inci, laptop sama cincin akik perak kerugian Rp10 jutaan,” sebutnya.

3. Dalam penyelidikan polisi

Rumah Kosong Dibobol Maling, Batu Akik dan Elektronik pun RaibIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, pihak Polsek Balikpapan Utara sudah menerima laporan tentang aksi pencurian di Jalan RE Martadinata ini. Mereka langsung datang guna melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi-saksi.

Dikonfirmasi, Kapolsek Balikpapan Utara Komisaris Polisi mengatakan saat ini anggotanya masih melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian tersebut.

“Belum ketemu (pelakunya), masih kami lidik,” singkatnya.

Baca Juga: Progres Kilang Minyak Terbesar di Balikpapan Mencapai 47 Persen

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya