Truk Molen Terguling di Jalanan Menanjak Balikpapan 

Mobil menimpa rumah masyarakat

Balikpapan, IDN Times - Kecelakaan tunggal dialami truk molen atau ready mix di jalanan menanjak di Gang Surya RT 9 Kelurahan Klandasan Ilir Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (4/1/2022). Truk memuat cor-coran beton cair ini terguling gagal melibas jalanan menanjak hingga terguling.  

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan truk ini. Sopir bernama Bambang (44) mengalami luka di bagian tangan dan sudah mendapatkan penanganan tim medis rumah sakit terdekat. 

1. Badan truk menimpa rumah warga

Truk Molen Terguling di Jalanan Menanjak Balikpapan Truk molen yang terguling di pertigaan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, sedang dilakukan evakuasi. (Istimewa)

Seorang saksi bernama Fajar mengatakan, truk masuk ke dalam gang sempit guna melakukan pengecoran drainase di tempat tersebut pukul 12.15 Wita. Truk terlihat kesulitan memasuki gang yang sempit, apalagi sambil mengangkut cor-coran beton cair sebanyak 2 kubik. 

Dalam sebuah kesempatan, sopir berusaha melakukan manuver di jalanan menanjak. Beratnya beban menyebabkan badan truk terbawa mundur hingga oleng dan terbalik. 

"Mau ngecor untuk drainase. Pas sudah masuk gang dia salah mutar, ban depannya pas di atas papan ulin. Karena tak kuat ya patah. Jadinya ambruk dan truk terbalik," paparnya. 

Baca Juga: Rem Blong, Truk Kontainer Tubruk Pengendara Motor hingga Tewas

2. Sopir terluka ringan

Truk Molen Terguling di Jalanan Menanjak Balikpapan Sebuah truk molen yang terguling di pertigaan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. (Istimewa)

Dalam peristiwa kecelakaan ini, sopir truk sempat terhimpit pintu kendaraan dengan badan jalan. Warga setempat cepat membantu mengevakuasi korban dengan membuka paksa pintu truk. 

"Sopir terjepit, kemudian dibantu warga buka pintu mobil pakai linggis. Tadi sopirnya ada luka pada bagian tangan dan sudah ditangani oleh medis," terangnya.

3. Proses evakuasi segera dilakukan

Truk Molen Terguling di Jalanan Menanjak Balikpapan Truk molen yang terguling di pertigaan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, sedang dilakukan evakuasi. (Istimewa)

Sementara itu, mandor proyek bernama Kadri mengatakan, cor-coran beton cair tersebut rencananya akan dibuat bangunan siring dan parit. Kecelakaan itu otomatis mengganggu proses penggarapan proyek. 

Meskipun begitu, Kadri langsung memanggil kendaraan crane guna menarik truk yang menimpa rumah. 

Dalam insiden tersebut tampak truk dalam posisi terlentang, bemper depan truk juga ringsek serta kaca mobil pecah. Di lokasi kejadian juga tampak ada dua orang petugas dari Satlantas Polresta Balikpapan untuk melakukan pemeriksaan. 

Baca Juga: Kasus Pencabulan di Pondok Pesantren Balikpapan, Perlu Gerak Cepat! 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya