Vaksinasi COVID-19 untuk Anak di Nunukan Mulai Dilakukan

Membangun ketahanan herd immunity masyarakat

Balikpapan, IDN Times - Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara) mulai menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, Selasa (4/1/2022). Pelaksanaan vaksinasi di pusatkan di Sekolahan Dasar Negeri (SDN) 005 Nunukan guna membangun herd immunity masyarakat. 

"Saya sudah membuktikan bahwa efek vaksin ini sebenarnya terlalu berlebihan kalau kita percaya dengan hoaks," kata Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dalam pers rilisnya.

1. Masyarakat tidak perlu khawatir

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak di Nunukan Mulai DilakukanBupati Nunukan Asmin Laura Hafid. Foto istimewa

Laura mengatakan, pelaksanaan vaksinasi pada anak ini juga dimaksudkan agar masyarakat tidak merasa ragu lagi. Masyarakat termakan berita-berita hoaks tentang bahaya vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 6 hingga 12 tahun. 

Untuk meyakinkan masyarakat, Laura pun secara langsung melakukan penyuntikan vaksinasi pada anak-anak. 

"Mari kita menyosialisasikan vaksinasi COVID-19 ini, karena vaksin sangat aman untuk anak-anak, saya juga berharap para orang tua dapat membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi khususnya bagi anak-anak di Nunukan," ujarnya. 

Baca Juga: Buaya Muara di Kaltara Kembali Memakan Korban Jiwa 

2. Vaksin Sinovac bagi warga Nunukan

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak di Nunukan Mulai Dilakukanilustrasi vaksin Sinovac

Dalam kesempatan itu, Pemkab Nunukan menyiapkan vaksin jenis Sinovac bagi anak-anak setempat. Rencana awal diberikan bagi 360 anak-anak di Nunukan.

"Pemberian vaksin jenis Sinovac ini dilakukan bertahap antara dosis pertama dan kedua, yakni dengan jeda 28 hari," terang Laura.

"Vaksinasi ini juga, selain dilakukan secara terjadwal di sekolah bisa pula didapatkan di seluruh pos vaksinasi, yang tersebar di Nunukan," imbuhnya. 

3. Proses penanganan kasus di Kaltara

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak di Nunukan Mulai DilakukanIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kaltara melaporkan total pasien masih dalam penanganan sebanyak 20 kasus. Kasus pandemik terbesar masih dialami Kabupaten Bulungan dengan jumlahnya sebanyak 14 kasus. 

Sedangkan Nunukan sendiri sudah tidak ada lagi pasien tercatat terpapar virus COVID-19. 

Baca Juga: Kaltara Masuk 10 Besar dalam Pencapaian Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya