Comscore Tracker

Wagub Kaltim tentang Air Bersih, Tak Tunggu Laporan dari Masyarakat

Air punya fungsi penting dalam kehidupan

Samarinda, IDN Times - Air memiliki fungsi esensial dalam setiap kehidupan. Air menjadi kebutuhan penting bagi manusia dan makhluk Tuhan lainnya. Sejak dulu hingga kelak, air akan tetap dibutuhkan.

Dalam akun Instagram Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim), Wakil Gubernur Hadi Mulyadi memberi catatan khusus, saat meninjau gedung baru Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim di Jalan MT Haryono No. 45 Samarinda.

1. UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang

Sebagai informasi, dinas yang sekarang dikepalai oleh HM Yadi Robyan Noor itu juga memiliki UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB). Salah satu pelayanannya adalah kalibrasi.

Hadi Mulyadi mendapat informasi, bahwa salah satu konsumen uji kalibrasi mereka adalah Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda, selain perusahaan-perusahaan tambang besar di Kaltim.

"Bagus. Kalau begitu, jangan nunggu mereka laporan. Karena air ini dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat. Kita harus aktif," pesannya. 

Baca Juga: Waduh! Di Samarinda Ada Komunitas Mariyuana

2. Memantau produk-produk yang memiliki risiko tinggi pada masyarakat

Wagub Kaltim tentang Air Bersih, Tak Tunggu Laporan dari MasyarakatWakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Potret ini diambil sebelum COVID-19 melanda Benua Etam (IDN Times/Yuda Almerio)

Sebelum meninggalkan area pengujian kalibrasi, Wagub Hadi pun mengingatkan agar produk-produk yang memiliki risiko langsung kepada masyarakat harus selalu dipantau demi keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Direktur Teknik Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda Ali Rachman membenarkan. Menurutnya setiap satu tahun sekali kalibrasi mereka lakukan di UPTD BPSMB.

"Bukan hanya alat-alat uji laboratorium yang dikalibrasi, tapi juga SDM kami diuji kembali. Setiap tahun," kata Ali Rachman.

3. Pengujian rutin sampel dari air baku

Wagub Kaltim tentang Air Bersih, Tak Tunggu Laporan dari MasyarakatTwitter.com/@AriefRohman_838

Ditambahkan, Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda juga melakukan pengujian rutin terhadap sejumlah sampel yang diambil dari sumber air baku, air bersih di instalasi pengolahan air dan langsung ke pelanggan.

"Sebulan sekitar 200-400 sampel yang kami uji," ungkap Ali Rachman.

Pengujian-pengujian ini sangat penting agar masyarakat senantiasa bisa mendapatkan kualitas air yang bersih, aman dan sehat. 

Baca Juga: Waspada! Penipuan Pembelian Perhiasan di Toko Emas Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya