Comscore Tracker

Pentas Kuda Lumping di Balikpapan Ricuh, Brimob Bantu Pengamanan

Kapolresta Balikpapan pastikan situasi kondusif

Balikpapan, IDN Times – Pentas seni budaya kuda lumping di kawasan Balikpapan Utara berlangsung mencekam, Minggu (19/1) sore. Beberapa penonton terlibat perkelahian dengan pemain kuda lumping. Satuan Brimob pun diturunkan untuk mengatasi pertikaian ini.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengatakan, pentas kuda lumping ini diselenggarakan di Jalan Strat I, Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara, sekira pukul 17.30 Wita. Acara ini merupakan rangkaian sebuah resepsi pernikahan.

“Awalnya kegiatan berjalan kondusif, namun tiba-tiba terjadi kericuhan antar penonton dengan pemainnya,” katanya kepada IDN Times, Senin (20/1).

1. Kepolisian masih selidiki penyebab kericuhan

Pentas Kuda Lumping di Balikpapan Ricuh, Brimob Bantu PengamananKapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi. (IDN Times/Surya Aditya)

Namun Turmudi belum mengetahui, apa pemantik kericuhan ini terjadi. Saat ini pihak kepolisian masih mendalami kasus ini. Sejumlah saksi-saksi hingga para pelaku perkelahian telah dimintai keterangannya oleh penyidik.

“Belum jelas kejadiannya seperti apa, kita masih turunkan tim investigasi untuk melakukan penyelidikan. Yang jelas, saat ini sudah aman,” jelas perwira melati tiga di pundak itu.

Baca Juga: 7 Jenis Kuda Paling Populer dan Disukai di Seluruh Dunia, Cantik Semua

2. Polresta minta bantuan Brimob

Pentas Kuda Lumping di Balikpapan Ricuh, Brimob Bantu PengamananIlustrasi Brimob Polda Kaltim. IDN Times/Surya Aditya

Dalam menangani kasus ini, Polresta Balikpapan tidak bekerja sendiri. Kepolisian kota meminta bantuan kepada Satuan Brimob Polda Kaltim. Hal ini dikarenakan jumlah massa terbilang cukup banyak.

“Kami meminta bantuan 1 SST anggota Sat Brimob Polda Kaltim berkemampuan anti anarkis untuk mem-backup Mapolresta Balikpapan apabila ada masa yang datang dan melapor dan meminta keadilan nantinya,” pungkasnya.

3. Brimob Polda Kaltim siap bantu pengamanan

Pentas Kuda Lumping di Balikpapan Ricuh, Brimob Bantu PengamananAKBP Gunawan Tri Laksono. (Sumber: Humas Brimob Polda Kaltim)

Sementara itu, dikonfirmasi melalui Danyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim, AKBP Gunawan Tri Laksono memastikan, pihaknya siap membantu Polresta Balikpapan dalam menangani kasus ini. Pihaknya telah mengirimkan satuan setingkat peleton anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim dengan kemampuan anti anarkis untuk membantu Polresta Balikpapan.

“Kami sudah kirim 1 SST pasukan anti anarkis ke Polresta Balikpapan, dipimpin Ipda Syahrial. Semoga tetap aman-aman saja antara masa kelompok ormas dan petugas,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang. “Kami selalu siap apabila dibutuhkan dalam pertebalan pengamanan di wilayah,”singkatnya.

Baca Juga: Kisah Sejarah Makam Tionghoa di Balikpapan Jadi Permukiman Penduduk

Baca Juga: Bicarakan Proyek di Warkop, Dua Pemuda di Balikpapan Ditikam

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya