Comscore Tracker

PLN Kaltimra Jamin Distribusi Listrik Lancar selama Nataru

GM PLN Kaltimra imbau petugasnya utamakan keselamatan kerja

Balikpapan, IDN Times – Penggunaan sumber daya listrik diperkirakan bakal mengalami peningkatan saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Namun masyarakat di Kaltim dan Kaltara (Kaltimra) tak perlu risau. PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kaltimra menjamin listrik akan selalu tersedia.

General Manager PLN UIW Kaltimra, Sigit Witjaksono mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, konsumsi listrik saat perayaan Nataru akan mengalami peningkatan drastis. Sebab, akan ada kegiatan-kegiatan masyarakat yang menggunakan listrik dengan daya besar.

“Masyarakat dalam jumlah besar akan melaksanakan ibadah. Juga biasanya menjelang momen pergantian tahun akan banyak panggung hiburan masyarakat,” katanya dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (20/12).

1. PLN siapkan posko-posko siaga listrik

PLN Kaltimra Jamin Distribusi Listrik Lancar selama NataruIlustrasi PLN. www.pln.co.id

Oleh karena itu, lanjut Sigit, PLN UIW Kaltimra akan meningkatkan pengamanan listrik. Posko-posko siaga listrik akan didirikan di beberapa daerah di Kaltimra. Pihaknya juga menyiapkan 763 petugas PLN yang akan disebar di posko-posko tersebut.

Selain itu, PLN UIW Kaltimra juga akan menyediakan 19 Unit Gardu Bergerak, 60 genset di kantor-kantor PLN, 19 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), dan ratusan kendaraan bermotor untuk mobilisasi petugas siaga demi percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan. Kegiatan siaga listrik ini akan mulai diberlakukan pada 18 Desember hingga ‪8 Januari 2020.

“Kami juga akan melakukan pengamanan terhadap instalasi kelistrikan yang juga berdampak langsung kepada suplai listrik untuk masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Bocor Lagi, 50 Persen Distribusi Air Bersih PDAM Balikpapan Terganggu 

2. Suplai listrik akan maksimal ke 242 gereja di Kaltimra.

PLN Kaltimra Jamin Distribusi Listrik Lancar selama Nataruilustrasi petugas PLN (IDN Times/Aji)

Lebih lanjut, Sigit menerangkan, persiapan pengamanan ini diberlakukan di wilayah kerja PLN UIW Kaltimra. Terdiri dari 15 kota atau kabupaten, dan 156 kecamatan di Kaltimra. Sedangkan pengguna listrik di dua provinsi itu diperkirakan ada 1,17 juta pelanggan PLN.

PLN UIW Kaltimra juga akan memberikan suplai listrik maksimal ke 242 gereja yang ada di Kaltimra. Hal ini agar kegiatan ibadah saat Natal nanti bisa berjalan lancar.

“Karena di saat inilah kelancaran distribusi listrik harus dijamin, dan kami akan siapkan untuk itu,” terangnya.

3. Kaltim gunakan sistem interkoneksi berdaya 1.550 megawatt

PLN Kaltimra Jamin Distribusi Listrik Lancar selama Nataruilustrasi pembangkit listrik (unsplash.com/Torsten Kellermann)

Sigit turut memaparkan sistem kelistrikan di Kaltim. Saat ini, sebut dia, provinsi ini menggunakan sistem kelistrikan interkoneksi bernama Sistem Kalimantan Selatan-Tengah-Timur, yang berdaya listrik 1.550 megawatt (MW).

Sistem kelistrikan inilah yang saat ini menyuplai kebutuhan listrik untuk Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, hingga Sangatta, dengan beban puncak berkisar 460 MW.

“Dengan begitu, pasokan listrik dipastikan cukup dan tidak akan ada kekurangan daya,” sebutnya.

Diakuinya, untuk melancarkan distribusi listrik saat Nataru buka pekerjaan mudah. Butuh kerja keras dari semua pihak, terutama petugas PLN. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja selama bertugas.

“Saya ucapkan selamat bekerja kepada rekan-rekan sekalian, jadikanlah ini bagian dari ibadah. Selanjutnya, mari kita berdoa demi kelancaran distribusi listrik, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 dapat berlangsung nyaman,” tutupnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jembatan Tol Teluk Balikpapan Penting untuk Proses Pembangunan IKN

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya