Awas! Kedapatan Tak Pakai Masker, Warga Samarinda Bisa Dapat Sanksi

Perwalinya masih digodok, di dalamnya ada denda uang

Samarinda, IDN Times - Tak pakai masker saat berkativitas siap-siap dapat sanksi. Saat ini peraturan wali kota (perwali) mengenai hal tesebut sedang digodok. Demikian dikatakan Sekretaris Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin saat dikonfirmasi pada Senin (27/7/2020) sore.

“Masih diproses di bagian hukum,” ujarnya.

1. Tak ada kurungan penjara, hanya ada denda uang

Awas! Kedapatan Tak Pakai Masker, Warga Samarinda Bisa Dapat SanksiSekkot Samarinda Sugeng Chairuddin (IDN Times/Yuda Almerio)

Meski demikian, mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samarinda ini tak merincikan mengenai jenis sanksi tersebut. Yang pasti di dalamnya tak disebutkan mengenai kurungan penjara.

“Iya ada sanksi denda uang dan tindakan tegas lainnya,” katanya.

2. Aturan masih diproses bagian hukum Pemkot Samarinda

Awas! Kedapatan Tak Pakai Masker, Warga Samarinda Bisa Dapat SanksiIlustrasi pengambilan sampel swab tenggorokan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, dengan adanya perwali ini masyarakat bisa lebih taat. Tak hanya itu penularan virus juga bisa dikurangi. Maklum saja data terakhir menyebut akumulasi positif COVID-19 di Samarinda sudah mencapai 244 kasus, 136 di antaranya alami kesembuhan namun sayang 10 lainnya meninggal dunia. Kini tersisa 98 pasien dalam perawatan.

“Kami harap warga tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan,” pintanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satpol PP Samarinda, Muhammad Darham menerangkan hal senada. Saat ini aturan mengenai penggunaan masker dalam proses penyelesaian. Meski demikian, dirinya tak tahu mengenai detail sanksi.

“Iya ditunggu saja dalam waktu dekat bakal diterapkan,” terangnya.

Baca Juga: Sepekan Dirawat, ASN Positif COVID-19 di Samarinda Meninggal Dunia

3. Untuk sementara jika kedapatan tanpa masker warga diminta bersihkan sampah pingir jalan, selokan hingga push-up

Awas! Kedapatan Tak Pakai Masker, Warga Samarinda Bisa Dapat SanksiKasatpol PP Samarinda, Muhammad Darham (IDN Times/Yuda Almerio)

Dia menambahkan, apabila ada warga yang tak menggunakan masker dan tertangkap oleh petugas Satpol PP maka bisa sanksi sosial. Hal tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Misalnya push-up, bersih-bersih sampah pinggir jalan hingga selokan,” pungkasnya.

Baca Juga: Zona Merah, Kemenag Samarinda Imbau Warga Salat Iduladha di Rumah Saja

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya