Pembibitan Atlet Junior, Perbakin PPU Gelar Kejuaraan Menembak

Diikuti atlet dari 15 klub di PPU

Penajam, IDN Times - Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kejuaraan menembak antar klub setempat. Event ini rencananya sudah digelar di Sekretariat Perbakin PPU pada 22 hingga 23 Juli 2023 lalu. 

Ketua Umum Pengurus Cabang Perbakin PPU Trisno Bondo mengatakan, kejuaraan ini digelar untuk menjaring atlet junior menembak. Pesertanya para atlet menembak usia dini, pemula, dan berprestasi ikut event Perbakin

“Kejuaraan menembak antar klub ini kami laksanakan untuk menjaring atlet usia dini dan atlet berprestasi di Kabupaten PPU,” ujarnya kepada IDN Times, Selasa (25/7/2023).

1. Buka sekolah khusus menembak

Pembibitan Atlet Junior, Perbakin PPU Gelar Kejuaraan MenembakAtlet menembak usia dini atau pelajar asal PPU (IDN Times/Ervan)

Selain itu, tambahnya, masih dalam rangka menjaring atlet usia dini, Perbakin bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU telah membuka Sekolah khusus olahraga menembak Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 PPU.

Sekolah menembak, lanjutnya, diadakan karena usulan dari Pengurus Provinsi Kaltim, agar PPU bisa mendapatkan senjata khusus unit air rifle 10 meter jenis pistol maupun laras panjang kaliber 4,5 mm.

“Alhamdulillah kini kita telah memiliki dua unit senjata dari Pengprov Kaltim, untuk dijadikan sebagai fasilitas berlatih dan sekaligus bertanding bagi atlet usia dini,” sebut Trisno.

Baca Juga: Kejari PPU Amankan Rp194 juta dari Hasil Penanganan Perkara Korupsi 

2. Atlet usia dini PPU diharapkan raih prestasi nasional

Pembibitan Atlet Junior, Perbakin PPU Gelar Kejuaraan MenembakAtlet menembak usia dini asal PPU (IDN Times/Ervan)

Terkait dengan kegiatan kejuaraan hari ini, bebernya, diikuti oleh atlet seluruh klub yang saat ini telah berjumlah 15 klub di PPU. Termasuk penambahan atlet asal sekolah menembak rata-rata masih berstatus pelajar.

Dikatakannya, adapun kategori yang dipertandingkan khusus pelajar yakni Air Rifle 10 Mach Hunting, Metsil Tripos 33 meter dan Metsil Multi Range. Sedangkan kelas dewasa adalah Metsil Tripos 33 meter, Metsil Multi Range, Benchrest HV 25 Meter serta Metsil Tripos 33 meter lokal non prestasi.

“Kami berharap, para atlet usia dini dan pemula asal Perbakin Kabupaten PPU ke depan bisa mengikuti event baik tingkat porprov maupun tingkat nasional untuk ke depannya dengan meraih prestasi yang tak kalah dengan daerah lain,” kata Trisno.

3. Berharap anggaran KONI ditingkatkan

Pembibitan Atlet Junior, Perbakin PPU Gelar Kejuaraan MenembakAtlet menembak usia dini PPU peraih prestasi (IDN Times/Ervan)

Terpisah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten PPU Salehuddin mengatakan, menembak ini merupakan cabang olahraga yang sangat bergengsi di ajang nasional maupun internasional 

“Alhamdulillah mudah-mudahan agenda ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya,” tukasnya.

Ia berharap, Pemkab dan DPRD PPU meningkatkan anggaran KONI PPU sehingga dapat memajukan semua cabang olahraga di PPU termasuk Perbakin yang wilayahnya menjadi serambi Nusantara Ibukota Negara (IKN).

Jadikan aset yang didapatkan dari Perbakin Kaltim sebagai pemicu untuk meningkatkan prestasi atlet-atletnya. Bahkan KONI juga bisa mengadakan event seperti ini.

“Agar dapat menguji sampai sejauh mana kemampuan atlet kelas menembak PPU sehingga dapat menunjang perlombaan di tingkat nasional,” pungkasnya.

4. Para pemenang kejuaraan menembak di PPU

Pembibitan Atlet Junior, Perbakin PPU Gelar Kejuaraan MenembakDalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76, Polri menggelar lomba menembak piala Kapolri di Lapangan Tembak Hogeng Imam Sansoto, Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok. Foto: Dok Polri

Adapun hasil kejuaraan untuk kelas Air Rifle 10 meter tingkat pelajar juara pertama diraih Sasqia A.R, juara dua Cahya Aulya R, juara tiga Syarifah Zevarina, dan keempat Alya Maharani.

Lalu kelas Benchrest HV 25 meter pelajar dan umum, juara pertama Rudiansyah, juara dua Edi Santoso, dan juara tiga Yogi Tri Eryadi. Kelas Metsil Tripos 33 meter pelajar, juara satu, Alief Fitrah K, juara dua Muhammad Ali G, dan juara 3 Sasqia AR.

Kemudian kelas pelajar Metsil Multi Range juara satu Syarifah Zevarina, juara kedua Alief Fitrah K dan ketiga Cahya Aulya R serta juara keempat Alya Maharani.

Sedangkan kelas Metsil Tripos 33 meter umum, juara pertama Aminudin, juara dua Budiyanto dan tiga M. Amran. Sementara kelas Metsil Multi Range umum, juara satu Armansyah, juara dua Hexsa Apiyanto serta juara tiga Jurani.

Baca Juga: Retribusi Pelabuhan Benuo Taka Indikasi Korupsi, Ini Jawaban DPRD PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya