Comscore Tracker

Pertamina Sambut Bulan Energy dan Loss KPI Area Balikpapan

Industri pengolahan menuju era 4.0

Balikpapan, IDN Times - Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar webinar berjudul transformasi digital dalam mengoperasikan kilang di era 4.0. Webinar menghadirkan tokoh Dahlan Iskan dengan diikuti 400 peserta, Jumat (10/9/2021). 

"Transformasi digital dalam mengoperasional kilang memainkan peranan penting di era revoulusi industri 4.0. Industry 4.0 adalah industri yang bergerak dengan mengoptimalkan aspek-aspek teknologi sehingga membuat proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien," kata Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional Yulian Dekri

1. Memasuki industri 4.0

Pertamina Sambut Bulan Energy dan Loss KPI Area BalikpapanIlustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Yulian mengatakan, sektor industri pengolahan migas telah memasuki era 4.0. Bahwa di dalam operasional kilang selain menghasilkan energi, kilang juga memerlukan energi untuk operasionalnya.

"Fokus kita tidak hanya menggunakan energi sesuai yang kita targetkan tapi bagaimana juga mengendalikan energi untuk mendukung operasional kilang," ujarnya.

Oleh karena itu, Yulian mengharapkan dari webinar yang dilaksanakan dalam rangka bulan Energy & Loss KPI Area Balikpapan tahun 2021 ini dapat membuka wawasan pandangan para pekerja Pertamina untuk mengagas inovasi-inovasi  mendukung revolusi industri saat ini. 

2. Program restrukturiasi di tubuh Pertamina

Pertamina Sambut Bulan Energy dan Loss KPI Area BalikpapanIlustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Dalam webinar itu, Yulian juga menyampaikan tentang proses restrukturisasi yang saat ini dijalankan oleh Pertamina. Per 1 September telah terbentuk 6 sub holding Pertamina, dan PT Kilang Pertamina Internasional ditunjuk menjadi sub holding refinery dan petrochemical.

Dengan berdirinya PT KPI sebagai Sub Holding, maka PT KPI harus mandiri dan lebih fokus ke bisnis.

3. Komitmen Pertamina dalam penyediaan energi nasional

Pertamina Sambut Bulan Energy dan Loss KPI Area BalikpapanKilang minyak PT Pertamina. /(Dok. Pertamina)

Hal senada disampaikan oleh Pjs GM KPI RU Area Balikpapan Iskandar menyampaikan, Pertamina sebagai perusahaan energi milik negara berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan energi nasional.

"Energi menjadi salah satu barometer untuk mengukur pengoperasian kilang," ujarnya.

Iskandar kemudian menjelaskan bahwa di dalam kilang ada beberapa program yang dilakukan dalam rangka efisiensi energi di antaranya meminimalkan kebocoran steam, penggunaan gas alam sebagai bahan bakar operasional kilang dan beberapa program lainnya.

Untuk di luar kilang khususnya di kompleks perumahan, terus didorong penghematan pemakaian listrik di perumahan.

Melalui pelaksanaan bulan Energy & Loss tahun ini, Iskandar berharap kegiatan tersebut dapat menjadi sarana sosialisasi & edukasi para pekerja RU V Balikpapan, dan stakeholder dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya pada energi yang dimanfaatkan saat ini.

"Ini merupakan bentuk komitmen kita untuk selalu meng-energize program-program yang sudah direncanakan agar dapat berjalan dengan sustain," katanya.

Baca Juga: Pertamina Ukur Kepuasan Warga tentang Program CSR di Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya