TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Sup Khas Guangdong yang Cocok Disantap saat Musim Dingin

Bikin nagih!

Pig’s organ soup (instagram.com/sen028)

Samarinda, IDN Times - Guangdong merupakan destinasi favorit bagi para pecinta kuliner yang berlibur ke negara Tiongkok. Salah satu jenis masakan yang wajib kamu coba saat berada di Guangdong adalah hidangan supnya yang menawarkan cita rasa kuah autentik.

Selain itu, sup khas Guangdong terbuat dari berbagai macam daging-dagingan lalu dipadukan dengan aneka sayuran yang membuatnya kaya akan kandungan gizi dan nutrisi.

Dengan tampilan penyajian yang terlihat menggiurkan serta dapat dengan mudah dijumpai di banyak restoran. Inilah lima menu sup khas Guangdong yang paling populer, sebagai berikut:

1. Winter melon soup

Winter melon soup (instagram.com/noriwood)

Winter melon soup menjadi menu favorit di kalangan masyarakat Guangdong pada musim dingin. Hidangan ini sangat mudah dibuat di mana bahan-bahannya hanya terdiri dari buah melon yang dipadukan dengan kuah kaldu babi atau ayam. Kamu juga bisa menambahkan berbagai jenis sayuran seperti jamur, biji teratai dan rumput laut.

Untuk sumber proteinnya, kamu dapat memakai daging ayam, babi, udang, dan iga sapi. Winter melon soup memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah meningkatkan imun tubuh. Selain itu, sup ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: 10 Suvenir Khas Samarinda yang Keren

2. Wonton noodles

Wonton noodles (instagram.com/karinlei)

Bagi kamu para penggemar olahan mi maka wonton noodles menjadi hidangan yang harus dicoba ketika berkunjung ke Guangdong. Mi yang digunakan wonton noodle adalah jenis mi telur yang dikenal akan teksturnya yang kenyal kemudian dipadukan dengan kuah kaldu ayam dan pangsit sebagai topping.

Kelezatan wonton noodle membuatnya sangat terkenal hingga ke negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Namun ada juga beberapa versi dari wonton noodles yang ditambahkan daging ayam atau babi cincang.

3. Shark fin soup

Shark fin soup (instagram.com/catalina0324)

Shark fin soup termasuk hidangan eksklusif khas Guangdong yang dijual dengan harga cukup mahal. Hal ini dikarenakan bahan utama pembuatan sup ini adalah sirip ikan hiu yang sangat sulit sekali di dapatkan. Shark fin soup merupakan hidangan klasik yang pertama kali ditemukan pada zaman Dinasti Sung.

Bagi masyarakat Tiongkok shark fin soup melambangkan kesehatan dan kemakmuran bagi orang yang menyajikannya. Namun, hidangan ini menjadi kontroversi dikarenakan dapat mengancam populasi ikan hiu.

4. Pig’s organ soup

Pig’s organ soup (instagram.com/trekkermaster)

Pig’s organ soup merupakan hidangan tradisional yang berasal dari daerah Chaozhou, Guangdong. Sup ini memakai jeroan dan daging babi yang dipadukan dengan sayuran . Selain itu, pig’s organ soup hanya dibumbui dengan garam, merica dan daun bawang.

Namun, kamu dapat meracik kuahnya sendiri dengan menambahkan kecap dan sambal cabe sesuai selera. Kelezatan pig’s organ soup terletak pada kuah kaldunya yang memiliki rasa manis dan asin karena terbuat dari tulang babi yang dimasak selama berjam-jam.

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya