TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Menurunkan Kolestrol

Pola hidup sehat harus dilakukan

Ilustrasi orang terkena kolestrol (pexels.com/Anna Shvets)

Samarinda, IDN TimesKolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan di dalam darah dan di seluruh tubuh. Kolesterol merupakan komponen penting dalam pembentukan membran sel dan juga digunakan untuk produksi hormon dan vitamin D dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama penyakit jantung.

Karenanya pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat sangat direkomendasikan untuk kita lakukan. Berikut ini pelbagai jenis makanan sehat yang ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol manusia. Silakan dipantengin. 

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

1. Oatmeal

ilustrasi oatmeal (pexels.com/Monserrat Soldú)

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

2. Alpukat

ilustrasi alpukat (rawpixel.com)

Alpukat mengandung lemak sehat dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

3. Kacang-kacangan

ilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Mike)

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete mengandung lemak sehat, serat, dan protein yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

4. Ikan laut

Foto hanya ilustrasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Baca Juga: 10 Tempat Nongkrong Hits dan Kekinian di Samarinda

Berita Terkini Lainnya