Comscore Tracker

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!

Berbakti selagi mereka ada

Samarinda, IDN TimesOrangtua terdiri dari ayah dan ibu kandung, atau orang yang dianggap tua. Mereka adalah orang yang mengasuh kita hingga yang bisa kita hormati.

Meski bagaimana pun sikap orangtua kepada kita saat kecil, yang bisa kita lakukan saat ini mencoba untuk membalas budi kepadanya.

Jika dulu, kita yang diasuh hingga dimanja, maka ketika dewasa saatnya kita melakukan hal baik pula kepada mereka. Nah, intip yuk 7 sikap yang bisa kamu tiru ketika orangtua kalian sudah beranjak senja!

1. Mendengarkan curhatan orangtua

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi anak dan ibu yang tersenyum (pexel.com/Andrea Piacquadio)

Orangtua memang selalu punya banyak cerita dan pengalaman untuk dibagikan kepada anak cucunya. Dari mulai cerita yang bahagia sampai cerita yang sedih pun biasanya akan dibagi.

Maka, jika bertemu dengan orangtua kamu dan ia ingin curhat, dengarkanlah. Bahkan kamu juga bisa memberi pendapatmu jika sekira perlu, mereka hanya ingin berbagi apa yang mereka rasakan. Mendengarkan keluh kesah atau bahagia mereka semoga tidak memberatkanmu, ya.

2. Sesekali datang berkunjung

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi berkumpul dengan keluarga (pexels.com/cottonbro studio)

Anak yang sudah dewasa memang punya kesibukan masing-masing, entah bekerja atau kuliah bahkan sampai merantau. Namun, orangtua terkadang ingin juga sesekali dikunjungi oleh sang anak.

Maka, sempatkanlah berkunjung minimal setahun sekali untuk berkumpul bersama orangtua, atau di momen berharga keluarga. Pastinya hal tersebut akan disenangani ayah dan ibumu lho.

Dengan berkunjung, kerinduan bisa terobati dan kalian pun bisa melihat orangtua yang semakin menua.

3. Memberi kabar

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi ibu yang sedang memegang handphone (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Jika kamu masih belum bisa berkunjung, usahakan untuk tetap mengirim kabar kepada kedua orangtua. Apalagi dengan alat komunikasi yang canggih, komunikasi bisa tetap terjalin lancar. Jika orangtua menelepon, usahakan untuk tetap menjawab, ya!

Mumpung mereka masih ada dan sehat.

Selain itu dengan memberi kabar akan membawa ketenangan bagi orangtua dan kalian pun jadi tahu aktivitas maupun kesibukan masing-masing. Meskipun berjauhan, kalian tetap masih bisa saling tahu.

Baca Juga: Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian Tahu

4. Perhatian dengan orangtua

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi anak dan ibu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika orangtua menuju senja, mereka tak lagi sekuat dulu. Maka dari itu, sebisa mungkin kita beri perhatian terhadap mereka. Entah dengan memberi perhatian secara materi atau non materil, tentunya sesuai kesanggupan kita.

Misalnya, membelikan keperluannya, bertanya kabar, memasak makanan, hingga membantu mereka jika mereka membutuhkan bantuan. Selalu ada banyak cara untuk membantu orangtua, ya!

5. Ajak jalan-jalan 

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi orang tua yang sedang jalan-jalan (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat kita kecil, mungkin kita pernah diajak jalan-jalan bersama orangtua kita, bahkan harus digendong. Tetapi, setelah dewasa kita tak lagi punya waktu berlama-lama bersama ayah dan ibu.

Biar mereka gak bosan, sesekali yuk ajak orangtuamu untuk jalan-jalan atau sekadar berbelanja, apalagi uang dengan hasil keringatmu akan membuat mereka bangga. Siapkan waktumu untuk membahagiakan mereka, ya!

6. Mendoakannya atau meminta doa 

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi anak perempuan dan ayahnya (pexels.com/Kampus Production)

Katanya, doa orangtua itu mustajab, apalagi kalau mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Maka, jika orangtuamu masih ada, tak ada salahnya untuk meminta doa atau doa restu dari semua kegiatanmu agar dimudahkan.

Selain meminta doa, kamu juga bisa mendoakan mereka. Apalagi ketika orangtua sudah tidak ada, doa anak baik dan sholeh akan sampai kepadanya. Jangan lupa untuk terus berdoa, ya!

7. Berdamai dengan pola asuhnya 

7 Sikap Anak terhadap Orangtua yang Menuju Senja, Bikin Mereka Happy!Ilustrasi keluarga bahagia (pexels.com/Migs Reyes)

Tak ada orangtua yang menginginkan keburukan bagi anaknya, mereka pasti akan memberikan yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Jika sewaktu kecil mungkin kita pernah mendapatkan pengasuhan yang tidak sesuai, semoga kita bisa berdamai dengan pola asuhnya.

Sayangi mereka di kala tuanya dan ikhlaskan segala yang pernah terjadi. Dengan memaafkan, kamu bisa lebih mudah untuk menjalani kehidupan, tak ada lagi amarah yang ada rasa kasih sayang. Memang tidak mudah, tapi berdamai adalah yang paling indah.

Itulah 7 sikap yang bisa kita lakukan ketika orangtua sudah menuju senja. Apalagi jika orangtua masih utuh, manfaatkan momen bersama mereka selagi mereka ada. Dan jika orangtua tak lagi utuh, doa adalah senjata yang paling utama.

Baca Juga: 15 Tempat Penyewaan PS di Samarinda, Bisa Main Sepuasnya!

sarah aisyah Photo Community Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya