Disambut Isak Tangis, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Tiba di Pontianak

Jenazah Ihsan Adhlan Hakim dan Agus Minarni 

Balikpapan, IDN Times - Jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 Ihsan Adhlan Hakim telah tiba di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat pada Sabtu (16/1/2021) siang. 

Isak tangis mewarnai kedatangan jenazah Ihsan di terminal VIP Pemda Kalimantan Barat. Jenazah pria berusia 33 tahun ini diterbangkan dengan maskapai Lion Air.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, "Hari ini ada dua jenazah yang dipulangkan. Kami dari pemerintah dan masyarakat Kalimantan Barat turut berbelasungkawa atas musibah ini. Kita berdoa mudah-mudahan, almarhum dan almarhumah yang menjadi korban ini mendapat tempat layak di sisi Allah SWT," ujarnya saat sambutan serah terima jenazah kepada pihak keluarga.

Ia juga menegaskan akan mengawal agar hak-hak ahli waris bisa terpenuhi sesuai ketentuan yang berlaku. "Yang menjadi hak-hak ahli waris akan kita pantau terus supaya bisa terpenuhi secara cepat," kata Sutarmidji.

Selain Ihsan Adhlan Hakim,  jenazah Agus Minarni juga diserahkan kepada pihak keluarga pada hari ini.

1. Ayah Ihsan bersyukur jenazah putra ketiganya telah tiba di rumah duka

Disambut Isak Tangis, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Tiba di PontianakGrafis jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor kode SJY 182. IDN Times/Arief Rahmat

Jenazah Ihsan kemudian dibawa keluarga ke rumah duka di Jalan Jalan Tabrani Ahmad, Gang Ikrar Nomor 41, Pontianak Barat, diiringi pihak aparat. Tangis sanak saudara di rumah duka menyambut datangnya jenazah Ihsan.

Ayah Ihsan, M. Nasir mengatakan, "Alhamdulillah kita telah menyaksikan tibanya jenazah anak kami Ihsan Adhlan Hakim di rumah duka ini. Yang kita ketahui bersama, beliau adalah salah satu dari korban yang mendapat musibah kecelakaan pesawat Sriwijaya," katanya.

Ia berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pencarian hingga mengantarkan jenazah sang putra ke rumah duka. Nasir juga mengharapkan agar kesalahan anaknya dimaafkan.

 "Kami mengharapkan doa semuanya semoga almarhum ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya. Mungkin anak kami selama masa hidupnya, bila ada kesalahan, mohon dimaafkan," ucapnya lagi.

Baca Juga: Mau Ngunduh Mantu, Ihsan dan Istri Jadi Korban Sriwijaya Air SJY 182

2. Disalatkan di rumah duka dan masjid

Disambut Isak Tangis, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Tiba di PontianakIhsan Adhlan Hakim (tiga dari kiri) korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Di rumah duka, Ihsan disalatkan kemudian dilakukan kembali salat jenazah di Masjid Baitul Rahim. Ia dimakamkan di pemakaman umum Gang Hasanah.

Telah diberitakan sebelumnya, Ihsan dan istrinya Putri Wahyuni Effendi (25) akan menggelar acara ngunduh mantu pernikahan mereka di Pontianak. Sayangnya, meskipun semua persiapan ngunduh mantu telah matang, takdir berkata lain. Mereka menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJY 182 pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu.

Putri Wahyuni Effendi juga telah teridentifikasi oleh tim DVI dan akan dimakamkan di Pekanbaru, Riau.

3. Agus Minarni dimakamkan di Kabupaten Mempawah

Disambut Isak Tangis, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Tiba di PontianakSerah terima jenazah Agus Minarni dari Gubernur Kalbar Sutarmidji kepada pihak keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJY 182 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Satu lagi jenazah korban pesawat jatuh yang dipulangkan hari ini adalah Agus Minarni. Warga Mempawah ini menumpangi pesawat Sriwijaya Air SJY 182  bersama dengan suaminya Muhammad Nur Kholifatul Amin yang merupakan ustaz di Pesantren Darussalam, Sengkubang, Mempawah.

Agus Minarni sendiri adalah guru SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Jenazah almarhumah diterbangkan dengan pesawat yang berbeda dengan jenazah Ihsan. Jenazah Agus Minarni tiba di Bandara Supadio pada pukul 16.05 WIB. Sementara sang suami hingga kini belum terindentifikasi.

Paman almarhumah Agus Minarni, Jamiat mewakili pihak keluarga mengatakan, "Banyak terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu pencarian sampai pengantaran anak kami ke tempat peristirahatan terakhir di Sengkubang, Mempawah Hiir, Kabupaten Mempawah," ujarnya.

Seperti diketahui, Agus Minarni melayat mertuanya yang meninggal ke Jawa Timur beserta sang suami. Setelah itu mereka menengok anak mereka yang berada di Pesantren Gontor. Saat mereka hendak pulang ke Kalimantan Barat, pada 9 Januari lalu, pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang mereka tumpangi tertimpa musibah. 

Baca Juga: Agus Minarni Naik Sriwijaya Air SJY 182 Usai Melayat Mertua di Jatim

https://www.youtube.com/embed/q6AKGWBzMKw

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya