TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

JIP-LSI Rilis Survei Pilwali Samarinda, Ini Hasilnya

Andi Harun-Rusmadi unggul

Debat publik ketiga Pilwali Samarinda (IDN Times/AchmadTirtaWahyuda)

Samarinda, IDN Times - Lembaga survei Jaringan Isu Publik (JIP) dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada, Jumat (4/12/2020) merilis hasil survei terbaru tiga kandidat kepala daerah pada Pilwali Kota Samarinda. Konferensi pers hasil survei ini diawasi Bawaslu Samarinda.  

Hasil survei dan analisis Pilkada Kota Samarinda menunjukkan pasangan nomor urut 02, Andi Harun-Rusmadi berpeluang memenangkan kontestasi Pilkada Samarinda. Andi Harun-Rusmadi mengantongi dukungan cukup tinggi yakni sebesar 40,9 persen.

Disusul nomor urut 01 M. Barkati-Darlis Pattalongi dengan persentase dukungan sebesar 23,6 persen. Sementara pasangan independen nomor urut 03, Zairin Zain-Sarwono sebesar 21,4 persen.

"JIP-LSI Denny JA melakukan survei merata ke warga Samarinda yang sudah berusia di atas 17 tahun pada 25-30 November 2020," ungkap Fadli Fakhri Fauzan tim peneliti JIP-LSI dalam keterangan persnya.

Baca Juga: KPU Samarinda Siapkan Logistik Pencoblosan dan Ribuan Petugas KPPS

1. JIP-LSI gunakan beberapa metode untuk menentukan hasil survei

JIP-LSI saat memaparkan hasil survei Pilwali Samarinda (IDN Times/AchmadTirtaWahyuda)

Dalam menentukan hasil survei JIP-LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan instrumen berupa kuesioner. 

“Total responden sebanyak 440 responden dengan margin of error kurang lebih 4,8 persen,” ujar Fadli.

Fakhri menuturkan, Andi Harun menjadi calon wali kota dengan posisi dukungan tertinggi dengan persentase sebesar 42,5 persen. Disusul M Barkati 23,4 persen, dan Zairin Zain 20,7 persen.

2. Persentase dukungan untuk calon Wakil Wali Kota Samarinda

Jepretan layar hasil survei JIP-LSI (JIP-LSI/Ist)

Untuk calon Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso dari Paslon 02 menempati posisi dukungan tertinggi sebesar 38 persen. Disusul Sarwono dari Paslon 03 sebesar 23,6 persen, dan Darlis Pattalongi dari Paslon 01 sebesar 22,3 persen.

"Pemilih yang masih merahasiakan pilihannya sebesar 3,9 persen dan belum memutuskan pilihan sebesar 10,2 persen. Masih ada 14,1 persen yang bisa diambil Pak Sarwono dan Pak Darlis untuk dapat menyusul Pak Rusmadi di posisi atas," terangnya.

Baca Juga: Jelang Pesta Demokrasi di Samarinda, Setiap Pemilih Wajib Pakai Masker

Berita Terkini Lainnya