TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bangun Sistem Informasi Data, 54 Pelaku Usaha PPU Dibekali PL-KUMKM

Pelaku usaha di PPU capai 22 ribu

Ilustrasi produk UMKM (IDN Times)

Penajam, IDN Times - Guna membangun sistem Informasi data 54 pelaku usaha di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) dilatih dan diajari enumerator Pendataan Lengkap Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PL-KUMKM). 

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Kabupaten PPU, Senin (11/4/2022) dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam di Hotel Akila, kilometer 09, Nipah-Nipah, Penajam.

“Kegiatan ini dipandang sangat penting untuk dilaksanakan, karena bertujuan untuk mewujudkan Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) PL-KUMKM, guna keperluan membangun sistem informasi data tunggal yang terintegrasi,” ujar Hamdam.

Baca Juga: Jelang Sahur, Dua Rumah di Balikpapan Malah Hangus Terbakar

1. SIDT UMKM merupakan amanah dari peraturan pemerintah

Plt. Bupati PPU. Ir. H. Hamdam bersama peserta Bimtek PL-KUMKM (IDN Times/ Ervan)

Dijelaskannya, SIDT UMKM ini merupakan amanah dari peraturan pemerintah. Serta atas dasar peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 yang menugaskan kementerian koperasi dan UKM (Kemen KUKM) sebagai wakil data koperasi dan UMKM.

“Juga guna Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pembina data, kementerian/lembaga lainnya dan pemerintah daerah sebagai produsen data,” sebutnya. 

Hamdam berharap, dilaksanakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) ini dapat membantu mewujudkan ketersediaan tenaga pelatih pendataan lengkap KUMKM di Kabupaten PPU, sehingga mampu memahami SIDT-KUMKM secara utuh.

2. Adanya data UMKM yang utuh dan lengkap tersebut bantu pemerintah

Plt. Bupati PPU. Ir. H. Hamdam (IDN Times/ Ervan)

Karena, adanya data UMKM yang utuh dan lengkap tersebut akan sangat membantu pemerintah daerah dalam memberikan pembinaan, pendampingan dan pengembangan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah UMKM yang ada di kabupaten PPU.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta Bimtek agar benar-benar memperhatikan semua hal yang disampaikan oleh para narasumber. Bertanyalah, jika sekiranya ada yang belum jelas. Dan ikuti kegiatan ini dengan tertib dan sungguh-sungguh, agar dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan saudara dalam melakukan pendataan lengkap KUMKM yang ada,“ tegasnya. 

Kepala Diskukmperindag PPU Muhammad Sukadi Kuncoro menambahkan, pelatihan tersebut diikuti para pelaku usaha tersebar di empat kecamatan se PPU masing-masing kecamatan Penajam, Babulu, Waru, dan Kecamatan Sepaku dan telah melalui pendataan sebelumnya.

Baca Juga: Transaksi Narkoba di Pelabuhan, Buruh PPU Diamankan Personel Polair

Berita Terkini Lainnya