TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Informasi Lowongan Pekerjaan di PPU Dianggap Belum Maksimal 

Perusahaan belum gunakan anjungan siap kerja

Peresmian Anjungan SIAP Kerja IKN, Sabtu, 19/11/2022 (IDN Times/Ervan)

Penajam, IDN Times - Informasi lowongan pekerjaan dianggap belum maksimal ada di loker Anjungan Siap Kerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Termasuk pula loker disediakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Mereka ini nantinya yang dipergunakan untuk mengisi tenaga kerja di IKN Nusantara dan lokal PPU.

“Sekarang ini tergantung lowongan, namun sementara ini memang belum maksimal informasi lowongan tenaga kerja itu, baik di Anjungan Siap Kerja IKN Nusantara maupun di Disnakertrans PPU sendiri,” ujar Kepala Bidang Penempatan Disnakertrans PPU Abdul Muhid kepada IDN Times, Senin (26/12/2022) di Penajam. 

Baca Juga: Warga Pesisir PPU Diminta Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem

1. Permintaan tenaga kerja di IKN meningkat 2023

ilustrasi lowongan kerja (IDN Times/Nathan Manaloe)

Abdul Muhid memprediksi, akan ada peningkatan permintaan tenaga kerja di IKN pada 2023. Terkait peningkatan aktivitas proyek di IKN. 

“Ini  yang menjadi kendala Disnakertrans PPU serta Anjungan Siap Kerja di IKN yang berada di bawah Kemenaker RI, karena perusahaan belum memahami fasilitas telah disiapkan pemerintah itu, akibatnya mereka tidak mengupload lowongan kerja kebutuhan mereka,” sebutnya.

Hal ini wajar, karena menurutnya, Anjungan Siap Kerja kan baru saja diadakan oleh pemerintah. Sehingga masih banyak perusahaan yang belum memahami fasilitas itu.

2. Disnakertrans PPU siapkan SDM melalui pelatihan-pelatihan

Abdul Muhid (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Disnakertrans PPU akan menyiapkan sumber daya manusia pencari kerja lewat sejumlah pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda. Seperti pelatihan alat berat dan menjahit yang mempergunakan alokasi kas PPU 2022 ini. 

"Untuk pelatihan sumber dananya dari APBN juga ada, tetapi itu langsung diselenggarakan oleh BLK sendiri,” paparnya. 

Ia yakin, keberadaan Anjungan Siap Kerja akan memberikan berdampak positif bagi warga PPU. Semua informasi baik lowongan pekerjaan, pelatihan-pelatihan hingga permodalan semua berada dalam aplikasi Anjungan Siap Kerja itu.

Sementara itu, lanjutnya, terkait dengan kegiatan usaha hingga permodalan masuk dalam konten Bizhub. 

Baca Juga: Liburan Nataru, Polres PPU Antisipasi Wisatawan di Titik Nol IKN

Berita Terkini Lainnya