TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menteri PUPR Selenggarakan Sayembara Urban Desain Ibu Kota Negara

Berhadiah total Rp5 miliar!

IDN Times/Mela Hapsari

Balikpapan, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Basoeki Hadimoeljono me-launching Sayembara Urban Desain untuk para desainer Indonesia untuk mendesain ibu kota. Launching sayembara ini dilakukan pada acara Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara NKRI, di Balikpapan, Rabu (2/10).  

Basoeki menjelaskan pada tahun 2019-2021 merupakan tahap perancangan kawasan IKN, termasuk di dalamnya yaitu Sayembara Urban Desain yang digelar mulai Rabu (2/10) ini sampai 18 Oktober.  

Desain ibu kota yang diharapkan oleh pihaknya termasuk area Teluk Balikpapan. Ia menjelaskan ibu kota negara yang baru akan menjadi Smart Metropolis. Bahkan Basoeki bercita-cita agar ibu kota negara ini tidak hanya menjadi ibu kota Indonesia tapi ibu kota Asia.

1. Mekanisme sayembara

IDN Times/Mela Hapsari

Peserta Sayembara Urban Desain ini dengan hadiah total Rp5 miliar ini dapat diikuti secara online melalui website sayembaraikn.pu.go.id.

Basoeki menjelaskan mekanisme sayembara ini meliputi beberapa tahapan yaitu dari pendaftaran dan pemasukan karya, kemudian akan dipilih 5 peserta terbaik, selanjutnya akan dipilih lagi 3 peserta terbaik. 

3 karya terbaik ini akan dikolaborasikan dengan diperkaya oleh para ahli perencanaan perkotaan dari luar negeri  atau sayembara internasional. Setelahnya akan ditetapkan pemenang sayembara internasional.

Barulah hasil pengembangan desain dilanjutkan ke tahap penyusunan DED/ DOkumen Konstruksi, kemudian baru dilakukan konstruksi fisik.

Baca Juga: IKN Siap Dibangun di Penajam Paser Utara, Lokasi Desa Masih Teka-teki

Berita Terkini Lainnya