TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Khidmat, Warga Balikpapan Antusias Bentangkan Bendera di Tengah Jalan

Pengibaran bendera raksasa di hari kemerdekaan

Pembentangan bendera Merah Putih di perempatan Balikpapan Baru pada 17 Agustus 2021. (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Peringatan HUT ke 76 kemerdekaan Indonesia dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satunya yang dilakukan warga Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dengan cara membentangkan bendera raksasa di kawasan simpang empat perumahan Balikpapan Baru.

Hujan rintik tidak menyurutkan semangat warga untuk mengibarkan bendera berukuran 25x15 meter. Pelaksanaan seiring detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia pukul 11.17 Wita. 

"Sebenarnya rencana awal kita akan bentangkan di Bukit Kebo, tapi karena ada pembatasan itu maka kami pindahkan, di kawasan simpang empat Balikpapan Baru ini,” kata Komunitas Kemah Keluarga atau Fungsi Family Camp Indonesia, Awi usai kegiatan pengibaran, Selasa (17/22/2021).

Baca Juga: Unik, Konsep Baru Balikpapan akan Didorong Lebih Instagramable 

1. Persiapan hanya setengah hari

Pembentangan bendera Merah Putih di perempatan Perumahan Balikpapan Baru pada 17 Agustus 2021. (IDN Times/Hilmansyah)

Awi mengatakan, persiapan pengibaran bendera raksasa ini terbilang cepat karena hanya memakan waktu setengah hari saja. Dengan bantuan komunitas lainnya seperti komunitas drone hingga Panther Mania sehingga bisa terlaksana.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan prokes karenanya dalam pembentangan bendera ini hanya dilakukan oleh sebanyak 25 orang petugas saja,” paparnya.

Meminimalkan jumlah personel dalam penerapan prosedur kesehatan di masa pandemik COVID-19.

2. Upacara juga diikuti pengguna jalan

Pembentangan bendera Merah Putih di perempatan Perumahan Balikpapan Baru pada 17 Agustus 2021. (IDN Times/Hilmansyah)

Upacara pembentangan bendera merah putih raksasa ini dipimpin langsung Kasatlantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono, dihadiri Kepala Dishub Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana, sejumlah komunitas dan ratusan warga yang melintas di kawasan simpang empat traffic light (lampu merah), Balikpapan Baru.

Bahkan warga yang berkendaraan menghentikan kendaraannya, turun dari kendaraan dan memberikan penghormatan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Ini adalah yang pertama di Kota Balikpapan, pembentangan bendera Merah Putih berukuran raksasa,” ujar Irawan Setyono usai upacara.

Baca Juga: Kisah Pejuang Balikpapan untuk Mendengar Pidato Proklamasi 

Berita Terkini Lainnya