TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mal di Balikpapan Tutup Lebih Cepat pada Malam Tahun Baru

Masyarakat diminta tidak di luar rumah pada pukul 22.00 WITA

Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 bersama perusahaan di Balikpapan pada 1 Juni 2020 terkait penerapan wajib tes swab COVID 19 bagi pendatang/ karyawan perusahaan yang masuk ke Balikpapan (IDN Times / Haikal)

Balikpapan, IDN Times – Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, seluruh pusat perbelanjaan dan mal di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tutup lebih cepat saat malam tahun baru.

“Kami mengapresiasi kesepakatan yang dilakukan para pengelola mal melalui asosiasi mal yang sepakat akan menutup mall-nya hingga pukul 20.00 WITA di malam pergantian tahun,” ujar Rizal, Rabu (30/12/2020).

1. Pembatasan aktivitas masyarakat hingga pukul 22.00 WITA

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengumumkan kasus positif virus corona di Balikpapan meningkat jadi 12 orang pada 28 Maret 2020 (Dok. IDN Times/Istimewa)

Rizal menambahkan, selain penutupan mal pada pukul 20.00 WITA, Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan juga berharap masyarakat hanya beraktivitas hingga pukul 22.00 WITA.

“Setelah pukul 22.00 WITA malam, tidak ada lagi aktivitas warga kota Balikpapan di luar rumah, kami berharap masyarakat bisa mematuhinya demi mengurangi warga yang terkonfirmasi positif COVID-19,” jelas Rizal.

Satgas pun akan melakukan patroli pada pukul 21.20 WITA untuk mengingatkan masyarakat agar tidak lagi melakukan kegiatan yang menimbulkan keramaian di luar rumah.

Baca Juga: Tahun 2020, Tiga ASN di Kota Balikpapan Dipecat karena Narkoba

2 Petugas akan ditempatkan di mal dan lokasi wisata

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi patroli jam malam di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih jauh Rizal menjelaskan, petugas akan ditempatkan di sejumlah lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan, seperti lokasi wisata dan pusat-pusat perbelanjaan modern. Pengamanan akan melibatkan Satpol PP, Kepolisian dan Kodim 0905 Balikpapan.

“Tidak hanya mal dan pusat perbelanjaan saja yang ditutup, namun juga tempat warga berkumpul seperti Lapangan Merdeka, Taman Bekapai dan Taman Tiga Generasi serta Pasar Segar," ujar Rizal.

Selain itu, tempat-tempat wisata juga akan dijaga ketat, seperti Pantai Manggar, Monpera dan Lamaru. "Untuk memastikan tidak ada pengunjung dan kerumunan,” ujar Rizal.

Baca Juga: Penyebab Pasien COVID-19 Gejala Berat Meningkat di Balikpapan

Berita Terkini Lainnya