Jemaah Haji Kalsel dan Kalteng Meninggal Dunia Sebanyak 14 Orang

Berpulang saat menjalankan ibadah haji di tanah suci 

Banjarmasin, IDN Times - Kantor Kementerian Agama Kalimantan Selatan menyatakan jumlah jemaah haji asal Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) yang meninggal dunia sebanyak 14 orang. Mereka berpulang saat menjalankan ibadah haji ke tanah suci pada 2023 ini.  

"Kabar dukacita terbaru tiga orang haji Kalselteng yang wafat di Tanah Suci," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin dilaporkan Antara di Banjarmasin, Minggu (16/7/2023). 

1. Jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang meninggal

Jemaah Haji Kalsel dan Kalteng Meninggal Dunia Sebanyak 14 OrangSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Tambrin yang juga menjabat Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin tersebut menyampaikan, tiga orang haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat, yakni dua orang dari Kalsel dan satu orang dari Kalteng.

Untuk dari Kalsel jemaah haji yang wafat, yakni Jumiati Soeyatno Kasan dari Kloter 15 asal Kota Banjarbaru yang dikabarkan wafat pada 14 Juli 2023 pukul 15.17 Waktu Arab Saudi (WAS) di Mekkah.

Kemudian Nuryani Binti Darsani (61) dari Kloter 8 asal Hulu Sungai Utara dikabarkan wafat pada 15 Juli 2023 pukul 05.55 WAS di RS Al Haram Hospital Madinah.

Baca Juga: Antisipasi Penyakit Rabies di Lima Kecamatan Banjarmasin

2. Para jemaah haji Kalteng yang berpulang

Jemaah Haji Kalsel dan Kalteng Meninggal Dunia Sebanyak 14 OrangIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Adapun jemaah haji dari Kalteng, kata Tambrin, bernama Hamsiah binti Rajak (77) dari Kloter 6 asal Katingan dikabarkan wafat pada 14 Juli 2023 pukul 15.45 WAS di RS Arab Saudi German Hospital Makah.

Dengan demikian, sebanyak 14 orang haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat tersebut dari Kalsel sebanyak delapan orang dan Kalteng mencapai enam orang.

Tambrin mendoakan semoga semua jemaah haji yang wafat memperoleh haji yang mabrur dan umrah yang makbul serta mendapatkan rahmat dan magfirah dari Allah SWT.

3. Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan lima kloter haji

Jemaah Haji Kalsel dan Kalteng Meninggal Dunia Sebanyak 14 OrangSuasana Jemaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Saat ini jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke tanah air melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin sebanyak lima Kloter dari 18 Kloter.

Adapun jemaah haji Kalselteng yang diberangkatkan pada musim haji tahun 2023 sebanyak 5.708 orang termasuk petugas haji.

"Bagi jemaah haji yang lainnya tetap semangat dalam melaksanakan ibadah, dan terus jaga kondisi kesehatan sampai nanti kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat," katanya.

Baca Juga: PPU Kerja Sama dengan Unlam Banjarmasin dalam Tingkatkan SDM

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya