TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina Siapkan BBM Avtur untuk Rombongan Haji di Balikpapan 

Penerbangan rombongan haji di Kalimantan

Sejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Sukoharjo berjalan memasuki pesawat saat keberangkatan kloter pertama di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7/2019) pagi. Jamaah calon haji yang tergabung pada kloter pertama dari Kabupaten Sukoharjo tersebut memberangkatkan sebanyak 360 jamaah calon haji menuju Tanah suci Makkah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.)

Balikpapan, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Kalimantan memastikan ketersediaan bahan bakar yang digunakan untuk pengisian pesawat yang akan membawa jemaah calon haji ke tanah suci melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Region Manager Coorporate Operation and Services Kalimantan Albert Effendi mengatakan, kesiapan Pertamina sudah 100 persen, di antaranya melalui layanan pengisian bahan bakar pesawat udara.

“Jadi ada 4 layanan pengisian bahan bakar pesawat dengan kapasitas 40 KL untuk penerbangan tahun ini dari Bandara Sepinggan dengan 7 kloter, sama dengan di Banjarmasin juga 7 kloter. Dan tidak hanya itu, Pertamina juga menyiapkan kendaraan pengisian dan juga personelnya,” ujarnya usai doa bersama untuk keberangkatan kelompok terbang haji lewat Bandara Sepinggan Balikpapan, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Embarkasi Haji di Balikpapan akan Berangkatkan Jemaah pada 22 Juni

1. Pesawat haji akan transit di Bandara Kualanamu

Doa bersama keberangkatan jemaah haji dari Bandara Sepinggan Balikpapan tahun 2022. (IDN Times/Hilmansyah)

Pertamina menyiapkan Satgas Pelayanan Penerbangan Haji guna memberikan pelayanan ideal. Pesawat dari Bandara Sepinggan Balikpapan nantinya transit dahulu ke Bandara Kualanamu Medan Sumatra Utara setelah menempuh penerbangan selama 2 jam. 

“Jadi untuk keberangkatan pengisian bahan bakar sekitar 25 KL, sedangkan untuk pemulangan jemaah haji yang penerbangan Jeddah ke Balikpapan membutuhkan bahan bakar cukup banyak sekitar 60 KL per pesawat dengan tipe pesawat Airbus 330," jelasnya.

2. Stok BBM di Bandara Sams Sepinggan 3 x 1000 KL

Ilustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Albert Effendi mengatakan, Pertamina menyimpan stok BBM untuk pesawat jenis Avtur di Bandara Sepinggan sebanyak 3 x 1000 KL. BBM tersebut untuk keperluan seluruh penerbangan melalui Bandara Sepinggan Balikpapan.  

“Meski ada peningkatan pemberangkatan karena ada layanan haji, namun penggunaan bahan bakar tidak mengalami kenaikan yang signifikan hanya sekitar 2-3 persen,” ungkapnya.

Baca Juga: 356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi Balikpapan

Berita Terkini Lainnya