TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cagar Budaya di Paser Memperoleh DAK Rp700 Juta dari Pusat

Pemeliharaan dan pemanfaatan cagar budaya Paser

Kerajaan atau keraton Sadurengas yang kini jadi Museum di Kabupaten Paser Kalimantan Timur (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Paser, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dari pemerintah pusat sebesar Rp700 juta untuk pemeliharaan dan pemanfaatan cagar budaya.

“Nilai DAK-nya Rp700 juta untuk kegiatan pemeliharaan dan pemanfaatan cagar budaya,” kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Paser Surfiani diberitakan Antara, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Kejari Paser Tangani 45 Kasus Narkotika selama Enam Bulan Terakhir

1. Pemanfaatan DAK untuk kepentingan cagar budaya Paser

Dana DAK tersebut, kata dia, akan dibelanjakan untuk berbagai kegiatan yang dipusatkan di area Museum Sadurengas seperti kegiatan gebyar museum, seminar tentang cagar budaya maupun kajian budaya.

Ia menjelaskan, seperti yang dilaksanakan pekan ini di area Museum Sadurengas  menggelar kegiatan Gebyar Museum.  Pada cara gebyar museum dilaksanakan berbagai lomba seperti lomba melukis tingkat PAUD, cerdas cermat tingkat pelajar SMP, lomba cerita tentang museum mulai dari tingkat TK, dan lomba permainan tradisional daerah untuk pelajar dan masyarakat umum, serta lomba fotografi museum.

2. Disdikbud Paser empat tahun menerima DAK

Surfiani mengatakan Disdikbud Paser sejak empat tahun terakhir telah menerima DAK non fisik dari pemerintah pusat, makanya tahun 2022 adalah gebyar museum yang keempat dilaksanakan.

Menurutnya, selain digunakan untuk kegiatan pemeliharaan dan pemanfaatan di Museum, Disdikbud Paser juga  menggunakan DAK untuk sosialisasi pemeliharaan cagar budaya milik masyarakat.

Surfiani mengungkapkan, DAK yang diterima setiap daerah, berbeda-beda tergantung standarisasi tipe museum. Pemerintah pusat menetapkan Museum Sadurengas bertipe C.

Baca Juga: Pemda Paser Alokasikan Rp6,8 Miliar untuk Bangun RTH

Berita Terkini Lainnya