Comscore Tracker

Bertambah Delapan Pasien, Positif COVID-19 PPU Jadi 44 Orang

Lagi, satu pasien positif meninggal dunia

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, hari ini terdapat penambahan delapan pasien dengan kasus terkonfirmasi COVID-19 sehingga ada 44 orang warga PPU yang masih berstatus positif.

“Hari ini PPU kembali mendapatkan tambahan pasien terkonfirmasi positif sejumlah delapan pasien, sehingga total keseluruh pasien positif yang masih menjalani perawatan isolasi di rumah sakit atau secara mandiri mencapai 44 orang, sehingga kami berharap masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan dan tidak kendor,” ujarnya kepada IDN Times, Rabu (2/12/2020) di Penajam.

1. Terdapat dua orang pasien dari klaster keluarga

Bertambah Delapan Pasien, Positif COVID-19 PPU Jadi 44 OrangIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dibeberkannya, dari delapan pasien terkonfirmasi positif hari ini terdapat dua orang pasien yang masuk dalam klaster keluarga adapun kedua pasien tersebut yakni PPU 197 seorang ibu berusia 25 tahun tinggal di Desa Semoi Dua, Kecamatan Sepaku terpapar karena kontak erat dengan PPU 172 merupakan anaknya yang masih berumur dua bulan.  

“Kemudian PPU 199 perempuan berusia 48 tahun tinggal di Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam terpapar karena kontak erat dengan suaminya yakni PPU 189 yang berumur 50 tahun. PPU 197 dan PPU 199 dinyatakan masuk dalam klaster keluarga,” terangnya.

Baca Juga: Satu Pelajar di Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19

2. Tiga pasien masuk klaster tambang salah perusahaan migas di PPU

Bertambah Delapan Pasien, Positif COVID-19 PPU Jadi 44 Orangdr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

Sementara itu, selain PPU 197 dan 199 ada tiga pasien dari klaster tambang salah satu perusahaan migas di PPU semua warga Kelurahan Penajam, Kecamatan yaitu PPU 201, laki-laki umur 33 tahun, PPU 202 laki-laki usia 23 tajhun dan PPU 203 laki-laki berusia 48 tahun,  sedangkan sisanya tiga pasien lainnya masuk dalam kategori umum, dimana  pihaknya masih melakukan tracking atau penelurusan riwayat enam pasien tersebut mereka terpapar dengan siapa.

“Meskipun dinyatakan positif, namun semua pasien yang hari dinyatakan positif menjalani isolasi mandiri dan rencananya ditempatkan di isolasi terpadu di Rumah Susun Sewa (Rusunawa). Sementara ini mereka masih berada di tempat masing-masing,” jelasnya.

3. Hari ini ada empat pasien positif dinyatakan sembuh

Bertambah Delapan Pasien, Positif COVID-19 PPU Jadi 44 OrangDirektur RSUD RAPB dr Jansje Grace Makisurat serahkan surat sembuh kepada pasien beberapa waktu lalu IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain terdapat delapan pasien positif hari ini, tambah Grace, hari ini juga terdapat empat pasien yang selesai isolasi atau dinyatakan sembuh. Empat pasien itu yakni, PPU 159, perempuan (41) warga Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, PPU 162, perempuan, 13 tahun alamat Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, merupakan santri Ponpes di Kabupaten Paser sebelumya dirawat di RS Panglima Sebaya, Kabupaten Paser.

“Lalu pasien sembuh selanjutnya, yakni anak dari PPU 159 dengan kode PPU 163, laki-laki 16 tahun, pelajar sempat dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dan terakhir pasien sembuh dengan kode PPU 169, perempuan 40 tahun, tinggal di Desa Gunung Intan, kecamatan Babulu,” sebutnya.    

4. Sebelumnya pada Selasa kemarin juga terdapat tambahan dua pasien positif

Bertambah Delapan Pasien, Positif COVID-19 PPU Jadi 44 OrangInfografis COVID-19 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Untuk diketahui, lanjutnya, sebelumnya pada Selasa (1/12/2020) kemarin, PPU  juga terdapat dua pasien terkonfirmasi positif baru yakni PPU 195 laki-laki usia 14 tahun tinggal di Desa Labangka, Kecamatan Babulu PPU 195 merupakan pelajar salah satu sekolah di Babulu, kemudian PPU 196 perempuan (31) tinggal di Desa Sebakung Jaya.

“PPU 195 dan PPU 196 hasil swabnya positif, namun tidak menunjukan gejala yang dinilai berat sehingga keduanya menjalani isolasi mandiri. Mereka juga rencananya dimasukan ke Rusunawa yang berada di terminal Penajam,” tukas Grace.

Ia menambahkan, pada Minggu (29/11/2020) lalu, ada satu pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia ketika dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU, adapun pasien itu berkode PPU 189 perempuan berusia 59 tahun berdomisili di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam.

“Dengan bertambahnya pasien positif dan sembuh, maka hari jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif mencapai 204 orang, dengan perincian 44 berstatus positif dimana tujuh pasien diantaranya dirawat dan 37 orang isolasi mandiri, lalu sembilan pasien meninggal dengan swab positif dan 151 orang pasien sembuh,” pungkasnya. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: PPU Tambahan 17 Pasien Positif COVID-19 dan Lima Sembuh

Topic:

  • Ervan Masbanjar
  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya