Pria Kalteng Ditemukan Tidak Bernyawa di Kebun Warga Penajam

Pemakaman korban dilakukan dengan protokol COVID-19

Penajam, IDN Times - Seorang warga Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bernama Tomi. S (65) ditemukan tewas di perkebunan  Desa Labangka Babulu Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Minggu (7/3/2021). 

"Kami telah melakukan evaluasi terhadap jasad seorang pekebun di RT 07 Desa Labangka, Babulu, sekira pukul 20.55 Wita. Kami  menerima laporan dari warga terkait penemuan mayat tersebut," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU Nurlaila kepada IDN Times, Senin (8/3/2021). 

1. Korban warga Barito Utara Kalteng selama ini menggarap kebun milik warga

Pria Kalteng Ditemukan Tidak Bernyawa di Kebun Warga PenajamJasad korban saat di evakuasi ke RSUD PPU, Minggu 7/3/2021 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Korban merupakan warga Kabupaten Barito Utara Kalteng. Ia selama ini bertugas menggarap kebun milik warga di desa Labangka Kecamatan Babulu.

"Berdasarkan alamat di KTP nya, korban tercatat sebagai warga Jalan Parang Kempeng, Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barut, Kalteng. Tetapi berkebun di Desa Labangka," sebutnya.

Baca Juga: Polres Penajam Bekuk Bandar Judi Dadu di Area ITCI Kartika Utama 

2. Jasad korban ditemukan warga 50 meter dari pondoknya

Pria Kalteng Ditemukan Tidak Bernyawa di Kebun Warga PenajamJasad korban saat di evakuasi ke RSUD PPU, Minggu 7/3/2021 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia menerangkan, korban ditemukan warga pada Minggu sore sekira pukul 17.20 Wita oleh seorang warga bernama Erwin. Ketika ditemukan, posisi jasad korban berada sekitar 50 meter dari pondok kebun tempat tinggal korban selama ini.

"Warga menemukan korban sudah tak bernyawa dengan posisi jasad tertelungkup di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Rimba RT.07 Desa Labangka Kecamatan Babulu," tutur Nurlaila.

Diungkapkannya, ketika itu warga yang menemukan jasad korban pertama kali langsung melaporkannya ke aparat desa setempat dan diteruskan ke BPBD. Setelah laporan diterima, Polsek Babulu, Puskesmas Babulu, Satreskrim Polres PPU beserta Tim INAFIS melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

3. Jasad dibawa ke RUSD RAPB untuk divisum

Pria Kalteng Ditemukan Tidak Bernyawa di Kebun Warga PenajamPetugas RSUD saat mengambil sampel swab dari jasad korban, Minggu 7/3/2021 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

"Kemudian jasad korban dibawa ke ruang jenazah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU, untuk dilakukan visum," urainya.

Usai dilakukan visum, tambahnya, dilakukan pengambilan sampel Swab oleh tim penanganan COVID-19 RSUD RAPB PPU. Dan berdasarkan keputusan bersama dengan semua unsur dan pihak terkait, maka dilakukan pemakaman dengan protokol COVID-19.

"Pemakaman jenazah korban di Pemakaman Terpadu Nenang dengan protokol COVID-19. hal ini dilakukan sebagai tindak antisipasi penyebaran COVID-19, apalagi kami belum mengetahui hasil uji sampel Swab korban," tegasnya.

4. Hingga kini masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap penyebab kematian korban

Pria Kalteng Ditemukan Tidak Bernyawa di Kebun Warga PenajamProsesi pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19, Minggu 7/3/2021 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terkait penyebab kematian korban, jelasnya, hingga kini masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut, sehingga pihaknya masih belum memastikan penyebab meninggalnya korban.

"Kami hanya melakukan evaluasi terhadap korban, sedangkan untuk penyelidikan selanjutnya di Polres PPU," tuturnya.

Untuk diketahui, tambahnya, di Maret ini pihaknya sudah dua kali melakukan evakuasi terhadap warga yang ditemukan meninggal dunia. Sebelumnya, penemuan jenazah ibu rumah tangga (IRT)  di mengapung di pantai Penajam, Selasa (2/3/2021) lalu. 

"Dan kini adalah jasad bernama Tomi. S yang ditemukan meninggal dunia oleh warga di wilayah perkebunan warga di Jalan Rimba, Desa Labangka, Kecamatan Babulu," pungkasnya.

Baca Juga: Pemprov Kaltim Ingatkan Waspada Penipuan Pengadaan Lahan IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya