Comscore Tracker

Pengerjaan Jalan Tol IKN Bersamaan dengan Pembangunan Istana Negara

Ditargetkan beroperasi pada tahun 2024

Penajam, IDN Times - Pembangunan jalan tol di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sebagai akses menuju Ibu Kota Negara Nusantara, bakal beriringan dengan pengerjaan Istana Negara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten setempat Nicko Herlambang.

"Tiga jalan tol akan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai akses penunjang jalan menuju IKN Nusantara," ujarnya seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (25/6/2022).

1. Diharapkan berfungsi tahun 2024

Pengerjaan Jalan Tol IKN Bersamaan dengan Pembangunan Istana NegaraSejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Selain infrastruktur jalan tol, lanjut dia, akses jalan di wilayah IKN Nusantara juga terus dibangun pemerintah pusat. Hal ini untuk mempermudah akses bagi warga setempat, terlebih dengan adanya IKN Nusantara.

"Kami sudah rapat terkait jalan penghubung yang akan dibangun dan pembangunan jalan sudah ada yang masuk pengerjaan fisik," ucapnya.

Jalan yang sedang berproses pembangunannya tersebut dari ITCI menuju Simpang Tiga Riko dan jalan menuju Jembatan Pulau Balang.

Baca Juga: Rusak Sejak 2020 karena Puting, Atap SMPN 25 Penajam Belum Diperbaiki

2. Jalan tol menuju kawasan industri

Pengerjaan Jalan Tol IKN Bersamaan dengan Pembangunan Istana NegaraNagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Jalan tol yang bakal dibangun di daerah berjuluk "Benuo Taka" itu yakni, jalan tol penghubung dari Jembatan Pulau Balang menuju Kawasan Industri Kariangau.

"Diharapkan jalan tol bisa difungsikan pada 2024 bersamaan dengan digunakannya Istana Negara," tambahnya.

Kemudian, jalan tol menuju Istana Negara dari bandar udara VVIP di Kelurahan Gersik, serta jalan tol penghubung antara bandara udara VVIP dan Jembatan Pulau Balang.

3. Bersumber dari APBN

Pengerjaan Jalan Tol IKN Bersamaan dengan Pembangunan Istana NegaraWarga menerima uang baru yang ditukarkan pada mobil kas keliling (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Anggaran sejumlah pembangunan infrastruktur penopang ibu kota Indonesia baru tersebut, kata Nicko Herlambang, bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara atau APBN.

"Pembangunan fisik jalan di IKN dari ITCI menuju Simpang Tiga Riko, serta akses menuju Jembatan Pulau Balang sudah mulai pengerjaan fisik," jelasnya.

Baca Juga: Masih Aman, Stok Sapi untuk Kurban di Penajam Mencapai 1.089 Ekor

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya