Comscore Tracker

22 Balon Pilwali Balikpapan 2020 Kembalikan Berkas ke Partai Golkar 

Sebanyak 16 balon berasal dari eksternal Partai Golkar

Balikpapan, IDN Times - Penjaringan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan dari Partai Golkar untuk periode 2020-2025 telah resmi ditutup Rabu (26/2). Sebanyak 22 balon mengembalikan berkas kepada panitia di Partai Golkar. 

Dari 23 orang yang mengambil berkas, satu orang tidak mengembalikan formulir, yakni Eddi Sunardi.

Ketua Panitia Penjaringan DPD II Partai Golkar Balikpapan Kashariyanto mengatakan, "Hari ini tepat pukul 15.00 Wita, penerimaan pengembalian berkas kita tutup, 23 formulir pendaftaran yang diambil 22 yang dikembalikan," katanya.

Kegiatan Penjaringan ini dilakukan mulai 17-18  Februari 2020 dengan tahapan pengambilan berkas, kemudian disusul penyerahan berkas selama 3 hari, pada 24-26 Februari 2020.

1. Sebanyak 16 balon berasal dari eksternal Partai Golkar

22 Balon Pilwali Balikpapan 2020 Kembalikan Berkas ke Partai Golkar Ketua Kadin Balikpapan Yaser Arafat saat mengembalikan formulir pada Penjaringan Balon Wali Kota Balikpapan Partai Golkar (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kashariyanto menjelaskan, pada penjaringan ini telah diterima berkas dari balon eksternal Partai Golkar sebanyak 16 orang.

"Dua orang yang diwakili akan juga akan diverifikasi, Sedangkan satu bakal calon Benito Jago menyerahkan 23 Februari lalu sebelum dibuka penerimaan berkas, juga diverifikasi, ” ujar Kashariyanto.

Hasil penjaringan balon wali kota dan wakil wali kota ini akan disampaikan ke DPD I Kaltim dan DPP Golkar. Menurutnya Partai Golkar akan melangsungkan survei terkait bakal calon pada bulan Maret mendatang.

Baca Juga: Pilkada Balikpapan 2020 Tanpa Calon Independen

2. Istri wali kota juga mendaftar sebagai Balon Wawali Balikpapan

22 Balon Pilwali Balikpapan 2020 Kembalikan Berkas ke Partai Golkar Arita Rizal Effendi istri Wali Kota Rizal Effendi mendaftar sebagai balon wakil wali kota di Partai Golkar (IDN Times/Istimewa)

Salah satu pendaftar balon wakil wali kota adalah Arita Rizal Effendi. Arita yang merupakan istri dari Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi ini mengaku sudah mengantongi izin untuk pencalonan dirinya. 

“Saya sudah dapat izin dari Bapak (Wali Kota Rizal Effendi). Izin yang diberikan sebagai Wakil Wali Kota,” ujarnya

3. Yaser Arafat sebut mendaftar sebagai Balon Wali Kota Balikpapan bukan main-main

22 Balon Pilwali Balikpapan 2020 Kembalikan Berkas ke Partai Golkar Yaser Arafat saat menyerahkan formulir pada Penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Partai Golkar (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara Ketua Kadin Balikpapan yang juga pengusaha muda Balikpapan Yaser Arafat mengatakan, keinginannya menjadi Wali Kota Balikpapan serius dan bukan main-main.

“Anak muda ini datang bukan untuk main-main, anak muda ini datang bukan hanya berbicara dan simbolis saja,” ujar Yaser.

4. Nama-nama yang mendaftar dalam penjaringan di Partai Golkar

22 Balon Pilwali Balikpapan 2020 Kembalikan Berkas ke Partai Golkar Tim penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dari 22 orang tersebut, dua diantaranya mengajukan diri sebagai balon wali kota yakni Yaser Arafat dan Tubagus Sulaiman yang berasal dari eksternal Partai Golkar. Sementara, lainnya mendaftar sebagai bakal calon wakil wali kota. 

Nama-nama yang sudah mendaftar sebagai Balon Wawali Balikpapan di Partai Golkar adalah Abriantinus (Kopad Berneo), Syukri Wahid (politisi PKS), Ali Munsyir (Kader Partai Demokrat), dan  Tohari Azis (Ketua DPC Partai PDIP Balikpapan).

Selain itu Sabaruddin Panrecalle (Kader Partai Gerindra), Sonhaji (Ketua Partai PKS Balikpapan), Ahmad Basir (Kader Partai Nasdem), Joy Nassar (akademisi pendidikan), dan Ahmad Rosidi (Kader NU).

Juga mendaftar yakni Heru Setiawan (pengusaha), Arita Rizal Effendi (istri Wali Kota Balikpapan), Madram Muhyar (ASN), Sayid MN Fadli (ASN), Benito Jago (pengusaha)

Sementara dari internal partai terdapat 6 orang yang mendaftar menjadi balon pada pilkada kali ini, yakni Rahmad Mas’ud yang diusung Partai Golkar sebagai balon wali kota, sementara lainnya mendaftar posisi balon Wawali Balikpapan yakni Kashariyanto, Abdulloh, Andi Arif Agung,  Ernawati Gaffar, dan Eddi Alfonso.

Baca Juga: Kasus Cuci Uang Bank Bukopin Balikpapan Disebut Terstruktur-Sistematis

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya