Comscore Tracker

Pelantikan Wali Kota Balikpapan, Isran : Wali Kota Mitra Gubernur

Segera laksanakan visi dan misi melalui 9 program kerja di 1

Balikpapan, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor melantik Wali Kota Balikpapan terpilih H Rahmad Mas'ud di Pendopo Odah Etam Samarinda, Senin (31/5/2021). Pelantikan ini dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan periode sebelumnya. 

"Wali kota bukanlah bawahan dari gubernur tetapi mitra kerja. Karena itu, gubernur hanya bisa memberikan instruksi sesuai arahan dari pemerintah pusat," kata Gubernur Kaltim Isran Noor, dalam sambutannya. 

1. Pelantikan tanpa didampingi Wakil Wali Kota Balikpapan

Pelantikan Wali Kota Balikpapan, Isran : Wali Kota Mitra GubernurWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengucapkan sumpah jabatan. (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam pemilihan kepala daerah 2020 Kota Balikpapan, pasangan Rahmad Mas'ud-Thohari Aziz memenangi penghitungan suara. Namun pasangannya, Thohari Aziz meninggal dunia pada bulan Januari 2021 lalu setelah terpapar COVID-19. 

Dalam kesempatan itu, Isran turut menyampaikan rasa dukanya di mana wakil wali kota Balikpapan terpilih tidak bisa mengikuti prosesi pelantikan. Ia pun berperan agar  pemilihan calon penggantinya sesuai  dengan mekanisme yang ada.

"Kita percaya Kota Balikpapan dapat maju dan berkembang dalam kepemimpinan Rahmad Mas’ud, apalagi kota ini merupakan kota calon penyangga IKN baru" jelasnya.

Baca Juga: Jelang Pelantikan, Wali Kota Balikpapan Terpilih Bersihkan Rumah Dinas

2 Segera laksanakan visi dan misi melalui 9 program kerja di 100 hari jabatan

Pelantikan Wali Kota Balikpapan, Isran : Wali Kota Mitra GubernurProsesi pelantikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. (IDN Times/Hilmansyah)

Setelah prosesi pelantikan, Rahmad Mas'ud pun berkomitmen dalam menyukseskan program 100 hari kepemimpinan sesuai visi dan misi kampanye. Ia ingin mewujudkan Balikpapan sebagai kota terkemuka, nyaman dihuni, modern, dan sejahtera dalam bingkai madinatul iman.

Sedangkan visinya adalah mewujudkan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik, mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, menyediakan infrastruktur kota yang memadai, dan mewujudkan kota nyaman dihuni.

Dari visi misi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan terdapat 9 Program yang akan dilaksanakan ke depannya.

Pertama berkaitan dengan birokrasi pemerintahan. Penguatan tekad birokrasi yang profesional, transparan, dan bebas korupsi.

Selanjutannya, katanya, untuk bidang kesehatan akan diberikan subsidi iuran BPJS Kesehatan dan pembangunan rumah sakit di wilayah yang membutuhkan. Juga bantuan subsidi uang SPP bagi siswa setingkat SD hingga SMA, insentif bagi guru dari PAUD hingga setingkat SMA.

Serta optimalisasi sanggar kegiatan belajar (SKB). Harapannya tidak ada anak yang tidak sekolah dan terjadi pemerataan pendidikkan.

3. DPRD Balikpapan segera gelar pleno paripurna

Pelantikan Wali Kota Balikpapan, Isran : Wali Kota Mitra GubernurWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, mereka segera melaksanakan sidang paripurna pidato perdana Wali Kota Balikpapan terpilih. 

Disambung dengan penyerahan memori jabatan dari Wali Kota Balikpapan sebelumnya kepada Wali Kota Balikpapan baru.

"Rencananya paripurna akan dilaksanakan Rabu (3/6/2021) pagi, di mana Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud akan menyampaikan pidato perdana sebagai wali kota," ujar Abdulloh.

Sedangkan, katanya, untuk memori jabatan langsung akan diserahkan langsung mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada Wali Kota Balikpapan yang baru Rahmad Mas'ud.

"Bukan Plh yang menyerahkan memori jabatan, tapi saya minta langsung pak Rizal yang menyerahkannya dalam paripurna nanti," tegasnya.

Abdulloh juga tidak mempermasalahkan adanya Plh dalam jabatan Wali Kota Balikpapan. "Ini langkah yang baik, sebagai antisipasi jika pelantikan tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat," tutupnya.

Baca Juga: Jelang Pemilu Serentak, KPU Balikpapan Evaluasi Pelaksanaan Tahun 2019

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya