Penuhi Stok, Balikpapan Gelar Lelang Elektronik 5 Ribu APD COVID-19

Stok APD saat ini hanya cukup untuk seminggu

Balikpapan, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan stok Alat Pelindung Diri (APD) yang tersedia untuk proteksi tenaga medis di Kota Balikpapan dari paparan virus corona atau COVID-19 hanya cukup untuk bertahan selama satu minggu.

Menurut dokter yang akrab dipanggil Dio ini, berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan stok APD yang dimiliki hanya ada 1.400 paket.

"Dengan stok 1.400 APD yang tersisa, hanya bertahan untuk seminggu dengan kondisi saat ini," kata Dio ketika diwawancarai wartawan di Kantor Wali Kota Balikpapan, pada Jumat (28/3).

1. Siapkan APD lewat lelang elektronik

Penuhi Stok, Balikpapan Gelar Lelang Elektronik 5 Ribu APD COVID-19Ilustrasi masker N95 (IDN Times/Mela Hapsari)

Jumlah tersebut sudah ditambah dengan kiriman Pemerintah Pusat ke Balikpapan pada tanggal 26 Maret 2020 lalu.

Bantuan APD ini telah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit yang menangani pasien terkait virus corona.

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga telah melakukan pengadaan sebanyak 5.000 paket APD melalui proses lelang elektronik dan sudah ditentukan perusahaan yang ditunjuk menjadi penyedia.

Perusahaan penyedia telah melakukan proses pengadaan APD dengan estimasi waktu sekitar dua minggu.

“Kita sudah lelang secara elektronik, sekarang dalam proses order, sekitar dua minggu lagi baru tiba. Informasi dari penyedia seperti itu, kami (pemerintah) harus lewat lelang tidak bisa beli langsung,” jelasnya.

Baca Juga: ODP di Balikpapan Tembus 1.063 Kasus, Libur Sekolah dan PNS Ditambah

2. Himpun bantuan dari pengusaha

Penuhi Stok, Balikpapan Gelar Lelang Elektronik 5 Ribu APD COVID-19IDN Times / Haikal

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga akan meminta bantuan dari sejumlah perusahaan yang ada di Kota Balikpapan untuk berpartisipasi membantu menyediakan APD bagi tenaga medis sebagai upaya untuk mendukung pencegahan penyebaran virus corona di Balikpapan.

Termasuk membentuk forum pengusaha, untuk menghimpun bantuan APD dari beberapa perusahaan yang ada di Kota Balikpapan.

“Dengan rencana tambahan 5.000 APD serta bantuan dari perusahaan dan pengusaha, ketersediaan stok APD bisa bertahan hingga 3 bulan ke depan,” jelasnya.

3. Trakindo bantu 625 APD

Penuhi Stok, Balikpapan Gelar Lelang Elektronik 5 Ribu APD COVID-19Penanganan pasien virus corona

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pihaknya juga telah menerima bantuan sebanyak 625 APD dari salah satu perusahaan penyedia alat berat di Kota Balikpapan yakni PT Trakindo, pada 27 Maret 2020.

Bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah stok APD yang ada setelah adanya tambahan dari BNPB sebelumnya, dalam membantu penyediaan APD bagi petugas medis yang menangani pasien corona.

“Kami langsung didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas yang ada,” jelasnya.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona

Baca Juga: Wali Kota Rizal Kerahkan Pengusaha Balikpapan Tangani Kekurangan APD

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya