Comscore Tracker

Xl Perluas Jaringan Hingga ke Pedalaman Kalimantan 

Menyasar kalangan millennial

Balikpapan, IDN Times - Sebagai salah satu penyedia jasa komunikasi seluler terbesar kedua di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jangkauan jaringan di wilayah Kalimantan.

XL Axiata telah menjangkau sekitar 54 kota/kabupaten atau lebih dari 96 persen populasi Kepulauan Kalimantan dengan didukung oleh lebih dari 7.000 BTS termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G).

Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Bambang Parikesit mengatakan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan.

"Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata yang terus meningkat," kata Bambang ketika berbicara dalam media update di Hotel Jatra Balikpapan, Rabu (17/07).

1. Jumlah penggunaan data meningkat hingga 43 persen

Xl Perluas Jaringan Hingga ke Pedalaman Kalimantan IDN Times/Maulana

Bambang menjelaskan rencana perluasan jaringan ini terus dilakukan terkait terus meningkatnya trafik data pengguna XL dari tahun ke tahun, seperti dalam setahun terakhir meningkat sekitar 43 persen.

Tahun ini, rencana perluasan jaringan antara lain akan mencakup wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara. Selain itu, sebagai bagian dari rencana tersebut, XL Axiata juga akan membangun jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

“Selain aspek bisnis, visi kami dalam memperluas jaringan data ke berbagai wilayah Kalimantan adalah mendukung percepatan pembangunan. Kami ingin ikut berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayahnya. Infrastruktur jaringan data yang berkualitas, antara lain berupa tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan.” jelas Bambang.

Baca Juga: 7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!

2. Menjangkau hingga daerah pedalaman

Xl Perluas Jaringan Hingga ke Pedalaman Kalimantan IDN Times/Maulana

Bambang Parikesit menambahkan, tahun 2019 ini XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di Kalimantan. Pembangunan infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antardaerah.

 Saat ini jaringan data XL Axiata telah tersedia di 9 kota/kabupaten di Kalimantan Timur, dengan dukungan total lebih dari 2000 BTS. Khusus jaringan 4G LTE, sudah masuk ke 7 kota/kabupaten, dengan lebih dari 650 BTS. Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan Data XL Axiata.

Kalimantan Timur meliputi Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara. Kalimantan Utara meliputi Tarakan, Bulungan, Malinau, dan Nunukan.

Kalimantan Barat ada di Pontianak, Singkawang, Bengkayang, Ketapang Kubu Raya, Landak, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, dan Sintang.

Kalimantan Tengah meliputi Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kota Palangkaraya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Seruyan, dan Mukamara.

Kalimantan Selatan di  Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengan, Hulu Sungai Utara, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan Tapin.

Untuk jaringan backbone fiber optik, di Kalimantan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 2500 kilometer. Jaringan ini menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata yang menjangkau seluruh provinsi di Kalimantan, serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

Hingga akhir tahun 2019 XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik di Kalimantan sepanjang sekitar 1400 kilometer. Hal tersebut dilakukan agar pengguna layanan data di Kalimantan dapat lebih nyaman menikmati jaringan data yang stabil dan berkualitas

" XL Axiata juga tetap memperhatikan kebutuhan telekomunikasi dasar bagi masyarakat di pelosok. Hal tersebut dibuktikan dengan mulai membangun jaringan USO di beberapa wilayah di Indonesia sejak tahun 2018. Alhasil, saat ini sudah mulai terlihat peningkatan trafik pengguna layanan XL Axiata di daerah-daerah yang telah terjangkau oleh jaringan USO tersebut," kata Bambang.

Jaringan USO XL Axiata telah beroperasi di Kalimantan Barat, dengan total 23 BTS yang terdapat di Ketapang 6 BTS, Bengkayang 4 BTS, Landak 2 BTS, Kayong Utara 1 BTS, Sambas 2 BTS dan di Sanggau 8 BTS, sedangkan di Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak total 7 BTS terdapat di Tabalong

3. Operator terbesar kedua di Kalimantan

Xl Perluas Jaringan Hingga ke Pedalaman Kalimantan XL Axiata

Jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir Juni 2019, tercatat sekitar 1.7 juta pelanggan, dengan lebih dari 75% merupakan pelanggan data aktif. Jumlah tersebut meningkat sekitar 14% dari periode yang sama tahun lalu. Jumlah pelanggan data di Kalimantan ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan meluasnya jaringan 4G LTE XL Axiata.

"Kesadaran masyarakat yang berada di area perkotaan maupun pedesaan untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas kesehariannya semakin meningkatkan," ujarnya.

Hingga kuartal pertama 2019 jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 55,1 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 86 persen dari total pelanggan.

Jaringan infrastruktur jaringan yang mendukung berupa lebih dari 122 ribu BTS, termasuk lebih dari 85 ribu BTS data (3G & 4G), yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu kilometer.

"Saat ini jangkauan layanan data 4G XL Axiata juga telah melayani sekitar 405 kota/kabupaten di Indonesia, kami yang terbesar kedua termasuk di Kalimantan," terangnya.

4. Sasar pengguna dari kalangan millennial

Xl Perluas Jaringan Hingga ke Pedalaman Kalimantan IDN Times/Istimewa

Selain berupaya meningkatkan jaringan data berkualitas, XL Axiata juga menyediakan beragam program dan produk untuk mengakomodir kebutuhan layanan data masyarakat di Kalimantan. Beberapa layanan yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat adalah melalui dua jenis produk XL, yakni kartu perdana dan voucher kuota paket Xtra Combo Lite.

Kedua jenis produk tersebut merupakan produk unggulan dari XL yang memberikan manfaat internet mulai dari 4.5GB hingga 37GB, yang mana seluruh pelanggan di wilayah Kalimantan akan mendapatkan benefit tambahan kuota berupa mulai dari 1.5GB hingga 18GB yang dapat digunakan di semua jaringan.

Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan experience pelanggan dalam penggunaan layanan data. Jika nomor pelanggan dipakai di luar wilayah Kalimantan, maka benefit tambahan kuota tidak berlaku, namun masih dapat menggunakan kuota reguler yang berlaku nasional.

Bambang menjelaskan penggunaan XL Axiata dari kalangan millennial terus meningkat, hal tersebut terlihat dari data penggunaan untuk game online yang mencapai 33 persen.

 Salah produk yang ditawarkan yakni AXIS, yang menjadi favorit bagi segmen anak muda dan kaum millennial.

"Kami menawarkan paket AXIS OWSEM, paket internet yang memberikan Kuota Utama, Kuota Malam, Kuota Sosial Media untuk akses aplikasi Instagram, Twitter, Facebook dan TikTok, Kuota Musik untuk akses aplikasi JOOX dan Smule  dan yang paling diminati pelanggan AXIS adalah Unlimited Gaming, untuk akses games AoV, Free Fire, Vain Glory, Mobile Legends, Asphalt 9, Modern Combat 5 dan HAGO," tambahnya.

Baca Juga: Pelanggan XL Axiata Capai 50,5 Juta di Indonesia

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya