Comscore Tracker

Kunjungi Kaltim, Sandiaga Uno Puji Kualitas Produk UMKM Balikpapan

Ini antisipasi UMKM dari Sandiaga Uno ditengah isu Umicron

Balikpapan, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertandang ke Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kedatangan Sandiaga Uno dalam rangka mengunjungi dan melihat langsung produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dipamerkan dalam kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia di Plaza Balikpapan. 

Kedatangan Sandiaga disambut antusias para pelaku UMKM Kota Minyak. Dalam kesempatannya, ia mengucap rasa syukur dan terharu atas kesempatan menutup kegiatan tersebut di Kota Balikpapan.

"Saya sangat terharu dapat menutup rangkaian Apresiasi Kreasi Indonesia roadshow di 16 kota dan Kota Balikpapan," tuturnya di hadapan awak media sore tadi, Selasa (30/11/2021).

1. Soroti potensi produk Balikpapan dan Samarinda

Kunjungi Kaltim, Sandiaga Uno Puji Kualitas Produk UMKM BalikpapanSandiaga Uno saat menilik produk UMKM yang dipamerkan di Plaza Balikpapan, (IDN Times/Riani Rahayu)

Awal menginjakkan kakinya ke Plaza Balikpapan, Sandiaga langsung melangkahkan kakinya menuju kios produk UMKM yang sudah berjejer rapi di sana. Satu-satu, ia memasuki dan menilik beberapa produk UMKM yang dipamerkan.

Saat melihat semua barang-barang itu, dirinya mengaku jika produk milik Balikpapan dan Samarinda memiliki potensi cukup besar. 

Seakan sadar dengan kualitas produknya, Sandiaga mengaku akan mengembangkan potensi itu dengan membentuk pelatihan, pendampingan serta memfasilitasi para pemilik UMKM tersebut.

"Kami lihat luar biasa (produk) Balikpapan dan Samarinda. Dan ini akan kami kembangkan, termasuk pembiayaan," kata dia.

Baca Juga: Puluhan Pengemis, Badut, dan Pengamen Balikpapan Kena Denda Rp50 Ribu

2. Langkah pemulihan ekonomi di Kaltim

Kunjungi Kaltim, Sandiaga Uno Puji Kualitas Produk UMKM Balikpapan(IDN Times/Riani Rahayu)

Sementara itu, di tengah pandemik yang mulai melandai ini, Sandiaga Uno menuturkan, pihaknya akan fokus untuk pemulihan ekonomi kreatif. Karena  kata dia, sekitar 20 juta pelaku usaha sudah menggantungkan hidupnya pada ekonomi kreatif.

Termasuk di wilayah Kaltim.

Salah satu yang akan membangun dampak besar dalam pemulihan ekonomi di Kaltim ialah isu IKN, yang kencang berhembus saat ini. Sandiaga menuturkan, melihat potensinya lagi Kaltim mendulang pada kawasan strategi pariwisata nasional.

Di mana dampaknya akan menciptakan 6 kali lipat lapangan kerja, yang tentunya diharapkan banyak orang.

"Jadi pak gubernur, didukung terus strategi pariwisata nasional karena akan menciptakan 6 juta lapangan kerja," ujar dia.

3. Antisipasi hadapi virus baru dalam pemulihan ekonomi

Kunjungi Kaltim, Sandiaga Uno Puji Kualitas Produk UMKM Balikpapan(IDN Times/Riani Rahayu)

Namun, di tengah semarak pemulihan ekonomi, Indonesia kembali dibuat khawatir dengan adanya virus varian baru bernama Omicron, yang dikatakan memiliki daya sebar lebih berbahaya dari varian Delta.

Yang ditakutkan adalah pembatasan aktivitas masyarakat yang dikhawatirkan kembali berdampak pada ekonomi. 

Menjawab hal ini, Sandiaga Uno mengatakan, memang akan ada pembatasan sebagai antisipasi penyebaran virus tersebut. Bukan seperti PPKM level 3 yang digemborkan, tetapi akan ada panduan terhadap pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Sekiranya panduan tersebut akan disampaikan satu minggu kemudian, dengan harapan dapat mengatur mobilitas masyarakat yang belakangan ini memang mengalami peningkatan.

"Jadi teman-teman mohon sabar, nantinya akan disampaikan yang jelas 3M terus ditingkatkan," terang dia.  

Baca Juga: Dukungan Infrastruktur dalam Pembangunan IKN di Kaltim 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya