Comscore Tracker

Kunjungi Pos Perbatasan, Kasad Sempatkan Tinjau Vaksinasi Anak

Motivasi anak-anak di tapal perbatasan negara raih cita-cita

Balikpapan, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman beserta istri tiba di perbatasan RI-Malaysia, Pulau Sebatik Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara) pada, Kamis (6/1/2022). Didampingi oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dan para pejabat TNI AD, mereka rencananya akan mengunjungi para prajurit yang berjaga di sana.

Kedatangan Kasad TNI ini pun disambut oleh rombongan Dandim 0911/ Nunukan, Dansatgas Yonarmed 18/Komposit dan Forkopimda setempat di Lapangan Helipad Pos Aji Kuning Sebatik Tengah.

Dalam sambutannya saat di pos perbatasan, Dudung mengingatkan kepada prajuritnya atas tugas penjagaan di perbatasan, yang merupakan tugas mulia.

“Di mana pun kalian bertugas dan berada, harus tunjukkan disiplin, tunjukkan loyalitas dan kehormatan satuan yang harus kalian jaga,” ucap Dudung.

1. Kunjungi salah satu SDN di Sebatik

Kunjungi Pos Perbatasan, Kasad Sempatkan Tinjau Vaksinasi AnakNEVEL saat debut showcase di Mangga 2 Square, Jakarta Utara. (instagram.com/scslabels)

Kunjungan Kasad TNI AD ini adalah salah satu rangkaian kunjungan kerja (kunker) selama dua hari ke depan. Setibanya di sana, Dudung beserta jajaran menyempatkan untuk berkunjung ke salah satu sekolah dasar, SDN 006 Aji Kuning.

Dirinya pun memberikan motivasi dan berbagi semangat kepada anak-anak generasi bangsa di Sebatik dalam mencapai cita-citanya.

Yaitu dengan memberikan pemahaman Pancasila dan pengamalannya kepada anak-anak tersebut.

“Kelima sila Pancasila ini kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Di akhir kegiatan, Dudung memberikan bantuan kepada para guru dan siswa sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar di tapal batas negara tersebut.

Baca Juga: Pansus IKN Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru ke Kaltim Pekan Depan

2. Beri pemahaman manfaat suntik vaksin

Kunjungi Pos Perbatasan, Kasad Sempatkan Tinjau Vaksinasi Anak(Dok. Pendam Kodam VI/Mulawarman)

Selain itu, Dudung juga meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun di SDN 006 Aji Kuning itu. Dalam kesempatannya, ia mengajak dan memberikan semangat kepada anak-anak di Pulau Sebatik untuk tidak takut mengikuti vaksinasi, karena ini adalah ikhtiar bersama melawan pandemik dan juga sebagai upaya agar proses belajar mengajar secara tatap muka bisa segera berjalan.

“Jangan takut, suntik vaksin itu tidak sakit,” ujar Kasad saat memberikan semangat kepada M. Rasyid (11) salah satu siswa yang akan divaksin.

Bukan hanya memberikan semangat, Kasad juga membantu Rasyid yang tercatat sebagai siswa kelas 6 SDN 006 Aji Kuning itu, menyiapkan diri untuk disuntik dengan ikut membukakan kancing seragam sekolah. 

Selain menyemangati, Kasad juga berpesan agar anak-anak di SDN 006 Aji Kuning untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, menggunakan masker serta menjaga jarak.

3. Agenda kedatangan

Kunjungi Pos Perbatasan, Kasad Sempatkan Tinjau Vaksinasi Anak(Dok. Pendam Kodam VI/Mulawarman)

Seperti diketahui, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendarat di Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (6/1/2022).

Setibanya di Balikpapan, Kasad disambut oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Kapolda Kaltim, Asisten I  Prov Kaltim,  Para pejabat Utama Kodam VI/Mlw, Danlanal Balikpapan, Danlanud Dhomber Balikpapan, Forkopimda, dan  para pejabat utama Kodam. 

Salah satu agenda kunjungan kerja Kasad di Kodam VI/Mlw kali ini adalah untuk mengunjungi para prajurit yang sedang bertugas di perbatasan RI-Malaysia. Dalam lawatan perdana ini, Kasad didampingi Asintel dan Asops Kasad serta istri yang juga Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman.

Baca Juga: Siswa SMA dan SMK di Kaltim Mulai Laksanakan Belajar Tatap Muka

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya