Karier Politik Andi Harun hingga Terpilih Menjadi Wali Kota Samarinda

Kenyang asam garam karier politik

Samarinda, IDN Times - Samarinda adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) serta merupakan kota dengan penduduk terbanyak di Pulau Kalimantan.

Jumlah penduduknya mencapai 827.994 jiwa. 

Samarinda adalah kota yang tidak terlalu luas karena memiliki wilayah kurang dari 800 km² dengan tingkat ketinggian tanah dari 10 hingga 200 meter di atas permukaan laut yang membuat kota ini memiliki kondisi geografis berbukit.

Kota Samarinda sendiri dibelah oleh perairan berupa Sungai Mahakam dan menjadi pintu menuju pedalaman Kaltim yang bisa diakses melalui jalur sungai, darat maupun udara. 

Luas wilayah Kota Samarinda tidak lebih dari 1 persen dari luas Kaltim yang membuat kota ini menjadi wilayah terkecil ketiga setelah Bontang dan Balikpapan.

Setelah sedikit berbicara mengenai Kota Samarinda, mari bersama dibahas mengenai biodata dan profil wali kotanya. Check it out!

1. Biodata umum

Karier Politik Andi Harun hingga Terpilih Menjadi Wali Kota SamarindaWali Kota Samarinda Andi Harun dan Wakil Wali Kota Samrinda, Rusmadi saat jalani pelantikan di rumah jabatan wali kota Samarinda (Dok.Humas Pemkot Samarinda/Istimewa)

Wali Kota Samarinda bernama lengkap Dr H. Andi Harun S.T S.H., M.Si. Ia lahir di Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 12 Desember tahun 1972 yang berarti usianya sekarang adalah 48 tahun. Ia adalah seorang suami dari Rinda Wahyuni S.Pd.

Andi Harun adalah seorang politikus Indonesia. Ia adalah Wali Kota Samarinda periode 2020-2024 bersama wakilnya yaitu Rusmadi Wongso. Pasangan tersebut berhasil memenangkan pemilihan kepala daerah Samarinda pada tahun 2020 lalu. 

Baca Juga: Profil Rahmad Mas’ud sebagai Sosok Muda Memimpin Balikpapan

2. Riwayat hidup

Karier Politik Andi Harun hingga Terpilih Menjadi Wali Kota SamarindaPasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Andi Harun (kiri) dan Rusmadi saat menyerahkan berkas pendaftaran Pilkada Samarinda 2020 di kantor KPU Samarinda, Jalan Juanda (IDN Times/Yuda Almerio)

Andi Harun mengawali pendidikan hingga Sarjana di Provinsi Sulawesi Selatan. Ia adalah seorang yang sangat mengedepankan pendidikan. Hal itu tercermin ketika ia mendapatkan gelar sarjana dengan dua keilmuan yang berbeda dan dua perguruan tinggi yang berbeda.

Pada 2002 lalu, Andi Harun mengambil gelar Sarjana Teknik Pertambangan di Universitas Veteran Republik Indonesia di Makassar. Kemudian, pada 2011 ia mengambil gelar Sarjana Hukum di Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Andi Harun juga menyandang gelar S2 pada Ilmu Ekonomi di Universitas Mulawarman.

Ia terus meneruskan pendidikannya untuk mengambil gelar Doktor, Ilmu Hukum di UMI Makassar pada 2016.  Kemauan untuk meningkatkan wawasan pendidikannya sangat memotivasi.

3. Pengalaman karier

Karier Politik Andi Harun hingga Terpilih Menjadi Wali Kota SamarindaPasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Andi Harun (kiri) dan Rusmadi usai penyerahan berkas pendaftaran Pilkada Samarinda 2020 di kantor KPU Samarinda, Jalan Juanda (IDN Times/Yuda Almerio)

Ia mulai terjun ke dunia politik pada tahun 1999 saat duduk di parlemen menjadi Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kaltim selama 1 periode hingga 2004.

Setelah menjadi Ketua Komisi E DPRD Kaltim, ia dipercaya menjadi Wakil Ketua DPRD Kaltim pada periode berikutnya. Setelah masa jabatannya berakhir, ia pun menjadi Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim dari tahun 2009 hingga tahun 2014.

Lalu, Andi Harun terpilih kembali sebagai Anggota DPRD Provinsi Kaltim pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 melalui Partai Gerindra. Kesuksesan tersebut yang akhirnya membuat Andi Harun memasuki ranah eksekutif di bidang politik. 

Ia mencalonkan diri sebagai Wali Kota di Pilkada Samarinda 2020 dan berhasil terpilih menjadi Wali Kota Samarinda. Bisa dibilang, kariernya di dunia politik cukup mulus.

Sedikit kilas balik, Wali Kota Samarinda ini juga merupakan seorang pengusaha. Ia juga cukup sukses di bidang ini hingga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Indo Energi Kaltima sejak 2005 dan Komisaris Utama PT Rei Energy Investama sejak 2007.

Itulah profil dan biodata tentang Wali Kota Samarinda, Andi Harun yang bisa dibilang memiliki karier yang mulus di bidang politik. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi semuanya.

Baca Juga: Profil Wakil Bupati Berau H Gamalis

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya