Comscore Tracker

KSOP Balikpapan Siapkan 10 Titik Distribusi Logistik Pembangunan IKN

Kelancaran pembangunan IKN

Balikpapan, IDN Times - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) sudah menyiapkan 10 titik lokasi di bagian hulu Teluk Balikpapan sebagai sentral distribusi logistik pembangunan Ibu kota Negara (IKN) Nusantara.

"Dari 10 itu, sudah ada dua yang keluar perizinannya," kata Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M Takwim Masuku diberitakan Antara, Jumat (16/9/2022). 

1. Lokasi titik distribusi logistik

KSOP Balikpapan Siapkan 10 Titik Distribusi Logistik Pembangunan IKNProsesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Kedua lokasi tersebut adalah Sekapung dan Bentang Panjang Pulau Balang. Delapan lokasi lainnya izinnya masih dalam proses. KSOP sudah memetakan alur pelayaran tambahan di Teluk Balikpapan, mulai dari Pelabuhan Semayang di dekat muara Teluk Balikpapan hingga ke-10 titik tersebut.

Sama dengan titik-titik distribusi logistik, alur pelayaran tambahan masih menunggu penetapan.

"Kami terus berkoordinasi dengan para pihak terkait," lanjutnya.

Baca Juga: 9 Kosakata Unik Masyarakat di Balikpapan, Ada Sekek dan Kompek!

2. Empat badan usaha pelabuhan mendukung distribusi logistik

KSOP Balikpapan Siapkan 10 Titik Distribusi Logistik Pembangunan IKNPekerja melakukan bongkar muat di KM Logistik Nusantara 4 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc

Menurut Takwim, saat ini juga sudah ada empat badan usaha pelabuhan yang akan mendukung distribusi logistik untuk pembangunan IKN. Secara khusus, ia menegaskan bagi tempat yang sudah ditetapkan izinnya, agar segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak berwenang terkait dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk aktivitas bongkar muat tersebut.

Begitu pula dengan titik-titik yang sedang diurus perizinannya, agar sambil disiapkan pula fasilitas bongkar muat yang diperlukan.

Dengan demikian, kata Takwim, semuanya bisa tepat seiring dan sejalan. Bila nanti sudah ada kapal yang mau datang, semua fasilitas untuk bongkar muatnya sudah ada.

3. Transportasi barang material kebutuhan IKN lebih efisien

KSOP Balikpapan Siapkan 10 Titik Distribusi Logistik Pembangunan IKNIlustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Kapal dengan kapasitas angkutnya yang besar diperhitungkan akan membuat transportasi barang material kebutuhan pembangunan IKN lebih efisien.

Kawasan hulu Teluk Balikpapan seperti di Maridan, sudah sejak awal tahun 1970-an memiliki pelabuhan dan titik distribusi. Fasilitas pelabuhan terutama itu untuk melayani perusahaan penebangan kayu PT ITCI, karyawan dan keluarganya.

Maridan berjarak lebih kurang 20 km dari Kawasan Induk Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca Juga: Perempuan Penjaga Keselamatan Program Pemeliharaan Kilang Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya