Comscore Tracker

Penerapan Energi Solar Cell di Perbatasan Kutai Kartanegara

Bantuan penerangan listrik mandiri rakyat

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyambut baik atas program bantuan penerangan listrik mandiri rakyat (Limar) yang merupakan gagasan atau karya anak bangsa asal Bandung Ujang Koswara dengan tenaga solar cell di Benua Etam Kaltim, khususnya yang dilaksanakan di Desa Prangat Baru, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara Kaltim, Kamis 4 November 2021.

"Kita bersyukur adanya dukungan dari Bantuan Penerangan Limar melalui Yayasan Pilar Peradaban di Marangkayu. Semoga bisa diikuti dan didukung perusahaan yang ada di Kaltim," sebut Wakil Gubernur Kaltim  Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Pembangunan listrik jadi tanggung jawab bersama

Hadi Mulyadi usai mencanangkan pelaksanaan program Limar mengatakan, program pengembangan pembangunan listrik bagi masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi swasta.

Karena itu, Pemprov Kaltim meminta agar seluruh perusahaan atau pengusaha di Benua Etam membantu pemerintah membangun listrik.

Bahkan, Hadi mengajak seluruh masyarakat yang memiliki kemampuan lebih untuk membantu pengembangan listrik masyarakat ini.

"Itu akan menjadi amal jariah. Insyaallah saya sumbang 10 paket untuk 10 unit rumah di Marangkayu," jelasnya Hadi disambut tepuk tangan seluruh undangan yang hadir pencanangan.

Baca Juga: Kebijakan Lingkungan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau di Kaltim

2. Pemprov Kaltim mendukung penuh upaya swasta

Penerapan Energi Solar Cell di Perbatasan Kutai KartanegaraPanel-panel solar cell di Desa Muara Enggelam. IDN Times/Surya Aditya

Hadi mengatakan, sangat bersyukur adanya dukungan berbagai pihak dalam pengembangan pembangunan kebutuhan dasar masyarakat itu.

"Kami mohon doanya dan dukungannya agar pemerintah mampu terus berupaya membantu masyarakat yang belum mendapat penerangan listrik," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Hadi Mulyadi menyempatkan singgah ke Kampung Luwak Marangkayu.

Hadi Mulyadi resmi mencanangkan, sekaligus meninjau langsung implementasi pelaksanaan program menuju masyarakat Kaltim terang (Bersinar) yang dikoordinasikan melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim, di Desa Prangat Baru, Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara, Kamis 4 November 2021.

Didampingi Kepala Dinas ESDM Kaltim Christianus Benny, Wagub Hadi Mulyadi mengunjungi rumah penduduk yang telah dialiri arus listrik dengan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

3. Bukti kepedulian pemerintah menerangi warganya

Penerapan Energi Solar Cell di Perbatasan Kutai Kartanegaranews.energysage.com

Bagi Hadi, program ini bukti kepedulian pemerintah untuk kesejahteraan rakyat Kaltim, khususnya penerangan listrik dengan menggandeng pihak swasta.

"Semoga terus berlanjut hingga masyarakat mendapatkan penerangan ke desa-desa," pintanya.

Kadis ESDM Kaltim Christianus Benny mengatakan, program ini baru lagi dilaksanakan. Sebelumnya 2008 dan 2009.

"Ada 150 rumah menjadi target Pemprov Kaltim. Dan telah mendapat dukungan dari berbagai perusahaan yang beraktifitas di wilayah Marangkayu ini," ungkap Benny.

Baca Juga: BBM Naik, Wali Kota Balikpapan Setuju Kenaikan Tarif Angkot

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya