Satuan Pengamanan Pertamina Meraih Prestasi dalam HUT ke 42

Kapolda Kaltim memberikan apresiasi atas tugas Satpam

Balikpapan, IDN Times - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berpartisipasi dalam peringatan HUT ke 42 satuan pengamanan (Satpam) di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Upacara peringatan digelar di halaman Kepolisian Daerah Kaltim dengan dipimpin Kapolda Inspektur Jenderal Imam Sugianto selaku pembina upacara, Senin (30/1/2023).  

"Peringatan HUT Satpam merupakan waktu yang tepat untuk melakukan refleksi terkait dengan peran serta Satpam dalam memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah pengamanannya. Ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap kinerja Satpam di masing-masing lokasi kerjanya," kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam keterangan tertulis. 

1. Satpam berperan mengamankan kilang Pertamina

Satuan Pengamanan Pertamina Meraih Prestasi dalam HUT ke 42Aktivitas di area kilang PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Chandra menyampaikan, institusi Satpam memiliki peran yang sangat penting dalam operasional kilang. Satuan pengamanan atau di Pertamina dikenal dengan sekuriti merupakan salah satu komponen penting dalam penjagaan kilang.

"Apalagi kilang merupakan salah satu objek vital nasional," kata Chandra.

Untuk itu, kegiatan pengamanan juga memerlukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan, khususnya dari aparat keamanan.

Baca Juga: Ibu-Ibu dari Balikpapan Turut Hadiri Haul Guru Sekumpul di Martapura

2. Satpam KPI Unit Balikpapan mendapatkan penghargaan

Satuan Pengamanan Pertamina Meraih Prestasi dalam HUT ke 42PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berpartisipasi dalam peringatan HUT ke 42 satuan pengamanan (Satpam) di Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (30/1/2023). Foto Pertamina

Pada peringatan tahun ini, Satpam KPI Unit Balikpapan mendapatkan beberapa penghargaan terkait dengan lomba-lomba yang diadakan. KPI Unit Balikpapan mendapatkan Juara 1 Lomba Peraturan Baris Berbaris, Juara 1 Pengucapan Prinsip, Juara 2 Senam Borgol, dan Senam Tongkat.

"Penghargaan yang diterima PT KPI Unit Balikpapan ini juga menunjukkan kompetensi yang dimiliki oleh sekuriti Pertamina. Semoga penghargaan ini memberikan semangat bagi rekan-rekan sekuriti Pertamina untuk terus mengembangkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. Dan tentunya terus mengembangkan komunikasi dengan para pemangku kepentingan," harap Chandra.

3. Satpam Pertamina diminta meningkatkan kualifikasi

Satuan Pengamanan Pertamina Meraih Prestasi dalam HUT ke 42Kilang Green Refinery yang salah satunya memproduksi Green Diesel (D100) di area PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto menyampaikan agar personel Satpam perlu meningkatkan kualifikasi dan kemampuan untuk mencegah dan menangani gangguan keamanan, minimal tempat di mana mereka bertugas.

"Satpam harus semakin profesional sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Imam.

Imam juga meminta kepada seluruh instansi dan stakeholder terkait untuk terus meningkatkan sinergi dengan kepolisian. Sinergitas sebagai upaya menciptakan Satpam yang profesional dan mumpuni dalam penanganan gangguan keamanan.

Baca Juga: Lion Air Membuka Penerbangan Umrah Rute Balikpapan-Madinah-Jeddah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya