Wawali Kota Balikpapan Terpilih yang Berpulang sebelum Pelantikan

Wawali terpilih Balikpapan terpapar COVID-19

Balikpapan, IDN Times - Pasangan Rahmad Mas'ud-Thohari Aziz memenangi pemilihan kepala daerah di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) pada akhir 2020 lalu. Pasangan ini merupakan koalisi partai-partai besar yang berkompetisi dengan kotak kosong di Balikpapan. 

Namun berselang setelah rekapitulasi penghitungan suara, Thohari Aziz terpapar virus COVID-19 hingga mengembuskan napas terakhirnya. Selama sepekan, anggota PDIP ini sempat dirawat lebih dari satu minggu di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan.

Namun, kabar tak diduga datang pada Rabu tanggal 27 Januari tahun 2021 kurang lebih pukul 17.30 Wita. Thohari Aziz dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan.  

Itulah fakta mengejutkan mengenai wakil wali kota Balikpapan terpilih. 

Berikut disediakan profil dan biodata Thohari Aziz.

1. Biodata almarhum

Wawali Kota Balikpapan Terpilih yang Berpulang sebelum PelantikanWakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz (IDN Times/Istimewa)

Seperti yang telah disebutkan, wali kota Balikpapan terpilih Thohari Aziz  lahir di Magetan Jawa Timur pada tanggal 12 Juli tahun 1970.

Ia beragama Islam dan hobinya adalah berolahraga. Ia sudah menikah dan istrinya bernama Risti Utami Dewi Nataris.

Pasangan Thohari Aziz-Risti Utami Dewi Nataris dikaruniai oleh 2 orang anak.

Thohari Aziz adalah orang yang mengedepankan pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari pendidikan terakhirnya yaitu di Universitas Balikpapan.

Baca Juga: Profil Wakil Bupati Berau H Gamalis

2. Karier politik

Wawali Kota Balikpapan Terpilih yang Berpulang sebelum PelantikanThohari Azis, mantan Wakil Ketua DPRD Balikpapan yang menjadi Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih pada Pilkada Balikpapan 2020(IDN Times/Istimewa)

Selain berpendidikan, Thohari Aziz dalam dunia pollitik dan ia juga aktif dalam berorganisasi. Ia pernah menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan. Ia juga pernah menjadi Ketua DPC GMNI Balikpapan pada tahun 1996 hingga tahun 2013.

Selain itu, Thohari Aziz sempat menjabat sebagai Ketua DPD Persatuan Alumni GMNI pada tahun 2010 hingga tahun 2013. Tak sampai di situ, ia juga merupakan Ketua PABBSI Balikpapan 2017-2021. 

Thohari pun sempat menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Balikpapan. 

Selain berpendidikan dan aktif dalam berorganisasi, ia juga memiliki bisnis lho. Bisnis Thohari Aziz bernama Branch Manager PT Biomantara.

3. Aktif dalam memenangkan pilkada di Balikpapan

Wawali Kota Balikpapan Terpilih yang Berpulang sebelum PelantikanWali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melakukan ziarah ke makam almarhum Thohari Aziz di pemakaman terpadu TPU Km 15 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sebelum ia meninggal, ada beberapa kesan yang disampaikan oleh banyak orang mengenai dirinya. Menurut beberapa pendapat, selama ini Thohari Aziz adalah tokoh yang selalu sehat karena ia menyukai olahraga.

Thohari Aziz juga selalu tampil dan bekerja secara maksimal untuk kepentingan masyarakat luas. Sayangnya, ia dikabarkan terpapar virus Corona atau COVID-19 hingga berpulang pada 27 Januari 2021 pukul 17.30 Wita. 

Gubernur Kaltim Isran Noor akhirnya hanya melantik Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud tanpa pendamping pada 31 Mei 2021 lalu. Hingga kini, belum ada tokoh yang didorong untuk menempati posisi wakil wali kota Balikpapan. 

Itulah fakta mengenai wakil wali kota Balikpapan yang meninggal dunia setelah terpapar virus covid-19. Merupakan tokoh yang berharga karena telah bekerja untuk negeri ini.

Semoga fakta dan biodata yang disampaikan di artikel ini dapat memotivasi semuanya agar lebih ketat untuk mengenakan protokol kesehatan.

Baca Juga: Profil Rahmad Mas’ud sebagai Sosok Muda Memimpin Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya