Comscore Tracker

Naik Lagi, Positif COVID-19 di Kaltim Sudah Menembus 1.701 Kasus

Kasus positif COVID-19 tanpa gejala diminta karantina rumah

Samarinda, IDN Times - Penambahan kasus positif virus corona atau COVID-19 di Kaltim belum berhenti. Bahkan, jumlah pasien terkonfirmasi ini terus menanjak sejak dua bulan lalu. Dan hingga kini jumlahnya menjadi 1.701 kasus.

“Ada penambahan 36 pasien positif baru pada 6 Agustus 2020,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak dalam rilis hariannya pada Kamis (6/8/2020) petang.

1. Kasus positif COVID-19 tanpa gejala disarankan karantina di rumah

Naik Lagi, Positif COVID-19 di Kaltim Sudah Menembus 1.701 KasusAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Puluhan kasus baru ini tersebar di delapan daerah. Terbanyak dari Kutai Kartanegara dengan 12 pasien positif baru, menyusul Kutai Timur sebanyak 8 kasus, Samarinda 6 positif corona, Penajam Paser Utara dengan 4 kasus, Kutai Barat ada 3 positif baru lalu Bontang, Berau dan Balikpapan masing-masing 1 kasus.

“Sebagian kasus ada yang isolasi mandiri karena tanpa gejala, sisanya jalani perawatan di rumah sakit lantaran bergejala corona,” terangnya.

2. Seluruh kasus sembuh COVID-19 di Kaltim sudah lewati masa karantina

Naik Lagi, Positif COVID-19 di Kaltim Sudah Menembus 1.701 KasusPetugas berjalan ke arah ambulans (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Angka pasien sembuh dari COVID-19 perlahan-lahan menanjak. Total ada 47 orang. Kabar bahagia ini merupakan pelepas dahaga sebab beberapa pekan terakhir kasus sembuh tak pernah alami lonjakan. Terbanyak dari Samarinda dengan 16 pasien, menyusul dari Paser bersama 13 orang yang tahir dari corona, selanjutnya Kutai Kartanegara 11 kasus, Kutai Timur dengan 4 kasus dan Berau 1 pasien. Dengan demikian, ada 1.080 kasus dinyatakan sembuh dari COVID-19, meninggal dunia 42, dan pasien dirawat 579 orang.

“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena telah melalui masa isolasi 10 hari dan hasil pemeriksaan klinis dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi corona,” tegasnya.

Baca Juga: Hanya Dalam Dua Hari, 4 Positif COVID-19 Meninggal Dunia di Kaltim 

3. Warga Kaltim diminta selalu taat dengan protokol kesehatan

Naik Lagi, Positif COVID-19 di Kaltim Sudah Menembus 1.701 KasusIlustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Dia menambahkan, kasus positif COVID-19 masih bisa bertambah sebab masih ada 2.929 sampel menanti pemeriksaan. Itu sebab dirinya minta warga Kaltim selalu waspada dan taat dengan protokol kesehatan.

“Mari jaga diri dan jaga sesame,” pungkasnya.

Baca Juga: Melonjak Lagi, Positif COVID-19 Kaltim Sudah Mencapai 1.598 kasus

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya